Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris

Kiat Sukses Belajar Bahasa Inggris
Bukan hal baru lagi bahwa menguasai bahasa Inggris merupakan suatu keharusan. Fakta membuktikan bahwa menguasai bahasa Inggris itu sangat penting dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, mendapatkan pekerjaan, mengikuti perkembangan sains dan teknologi, dan untuk berkomunikasi di era global.

Agar dapat mengikuti kuliah di perguruan tinggi dengan baik, seseorang dituntut untuk menguasai bahasa Inggris pasif maupun aktif. Sebagai mahasiswa baru misalnya, ia dituntut untuk memiliki nilai TOEFL minimal 400. Dalam perkuliahan, mahasiswa juga diharuskan untuk dapat membaca buku-buku literatur dalam bahasa Inggris maupun mengakses informasi lewat internet yang sebagian besar ditulis dalam bahasa Inggris.

Untuk memperoleh pekerjaan dengan mudah, seseorang perlu memiliki kemahiran berbahasa Inggris yang memadai. Sebelum diterima menjadi pegawai atau karyawan, seorang pencari kerja pada umumnya menjalani serangkaian tes tertulis dan wawancara yang sering dilakukan dalam bahasa Inggris. Seorang pegawai atau karyawan akan banyak memperoleh keuntungan bila yang bersangkutan menguasai bahasa Inggris seperti mendapatkan kesempatan mengikuti studi lanjut dan promosi atau kenaikan jabatan.

Ada sebuah cerita yang mungkin dapat membuka cakrawala pikir kita akan pentingnya menguasai bahasa Inggris. Ada seorang lulusan SMA yang terpaksa menjadi tukang becak untuk menopang ekonomi keluarganya. Sejak SMP, nilai bahasa Inggris yang bersangkutan selalu tinggi. Sebenarnya ia bercita-cita untuk melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Namun, karena kemampuan ekonomi keluarganya yang tidak mendukung, ia dengan terpaksa memendam cita-citanya tersebut. Suatu hari ketika ia sedang mengayuh becaknya, seorang turis perempuan mendekatinya dan minta diantarkan ke suatu tempat. Purnomo yang bisa berbahasa Inggris mempersilakan turis dari Inggris tersebut untuk naik ke becaknya dan mengantarkannya ke tujuan.

Di sepanjang perjalanan, mereka bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Si turis inggris itu terkesima karena baru kali ini ia bisa bercakap-cakap dengan penarik becak. Memang kadang ada satu dua penarik becak yahg bisa berbahasa Inggris, namun itu hanya sebatas menawarkan harga, menanyakan tujuan penumpang, dan berterima kasih. Lain sekali dengan yang satu ini yang bisa menanyakan dari negara mana si turis berasal, kapan tiba di Indonesia, dan tempat-tempat apa saja yang telah turis tersebut kunjungi selama di Indonesia. Ia juga menceriterakan bagaimana ia dapat berbahasa Inggris dengan cukup fasih. Ia menjelaskan bahwa ia suka bahasa Inggris sejak SMP dan ingin sekali melanjutkan belajar bahasa Inggris di perguruan tinggi, namun kemampuan ekonomi orangtuanya tidak mendukung sehingga ia terpaksa menjadi penarik becak untuk mendapatkan uang yang akan ditabungnya untuk melanjutkan kuliah. Sesekali turis wanita itu menengok ke belakang dan memandang kedua kaki penarik becak yang kokoh.

Saat itulah ia merasakan perasaan aneh dalam hatinya. Ya, turis itu jatuh cinta pada penarik becak itu, sosok pria sejati di matanya. Memang ia hanya berprofesi sebagai penarik becak, namun ia mempunyai pengetahuan dan cita-cita, selain mempunyai postur tubuh yang kokoh.
Turis itu berpikir bahwa sosok pria seperti itulah yang dapat melindunginya dalam hidupnya. Maka turis itu kemudian menyatakan cintanya pada tukang becak itu di tempat wisata yang ia kunjungi dan menyatakan keinginannya untuk menikah dengannya. Tukang becak itu menyetujuinya. Mereka akhirnya menikah. Setelah menjadi suaminya, turis itu meminta suaminya (si tukang becak itu) untuk melanjutkan studinya di Inggris. Sepulang dari studinya di Inggris, mereka membuka perusahaan di dengan dia (bekas tukang becak itu) sebagai menejer tentunya.

Dari kisah tersebut dapat diambil pelajaran bahwa bahasa Inggris dapat menjadikan seseorang sangat beruntung. Bahasa Inggris merupakan pembuka atau kunci bagi kehidupan yang lebih baik. Banyak cara yang dapat ditempuh seseorang untuk dapat menguasai bahasa Inggris, misalnya dengan mengikuti kursus bahasa Inggris, belajar mandiri dari buku, kaset dan CD bahasa Inggris atau chatting dengan English Native speaker atau kenalan lainnya lewat internet. Namun, semua itu memerlukan dana yang kadang tidak sedikit, alasan yang sering menghalangi seseorang untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Lalu bagaimanakah kita bisa belajar bahasa Inggris dengan murah dalam berbagai keterbatasan sarana tetapi dengan hasil yang baik?

Belajar bahasa Inggris tidak cukup sekedar mempelajari unsur kebahasaannya saja seperti mempelajari kosa kata dan struktur bahasanya, tetapi juga harus belajar menggunakannya untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari karena tujuan dasar belajar bahasa Inggris adalah dapat berkomunikasi dengan benar dan lancar dalam bahasa Inggris. Mengetahui kosa kata dan/atau tata bahasanya saja tanpa berlatih menggunakan kosa kata dan tata bahasa tersebut untuk berkomunikasi secara lisan maupun tertulis tidak cukup. Lalu apa saja yang harus kita lakukan agar dapat menguasai bahasa Inggris baik dari segi kebahasaan maupun praktiknya?

Berikut ini ada sejumlah tip yang bisa diterapkan dalam belajar bahasa Inggris dalam kondisi yang terbatas untuk mengembangkan pengetahuan kebahasaan (kosa kata dan tata bahasa) dan keterampilan dalam berkomunikasi.

Belajar unsur kebahasaan
Yang dimaksud dengan belajar unsur kebahasaan adalah belajar menguasai kosa kata dan struktur bahasa Inggris. Untuk menguasai unsur kebahasaan bahasa Inggris, ada beberapa tip yang bisa Anda lakukan.

Membuat daftar kosa kata
Anda dapat membuat kosa kata pada buku kecil. Anda dapat menuliskan 10kosa kata baru yang Anda temukan setiap harinya di buku kecil tersebuttanpa melupakan kosa kata yang telah dipelajari sebelumnya tentunya.Selain menuliskan arti kata, Anda juga bisa mencantumkanpronunciation-nya atau bagaimana kata-kata-kata itu diucapkan. Karenamungil, buku daftar kosa kata ini dapat dibawa ke mana saja dan dapatdibaca setiap saat seperti ketika menunggu bis atau jemputan, di dalamkendaraan, di saat santai, dan lain sebagainya.

Membuat kartu struktur
Anda bisa menggunakan kertas manila dan membuatnya menjadi kartu-kartu kecil. Setelah itu Anda bisa menuliskan rumus-rumus bahasa Inggrisseperti tenses dengan contoh kalimatnya. Kertas-kertas tersebut bisadisimpan dalam dompet kecil atau kotak kecil. Kartu struktur ini jugamudah dibawa dan dibaca di mana saja serta kapan saja.

Membaca majalah, koran, dan cerita-cerita berbahasa Inggris
Buku, koran maupun majalah berbahasa Inggris merupakan sumber belajarbahasa Inggris. Dengan membaca artikel atau cerita dari buku cerita, majalah, maupun koran berbahasa Inggris, Anda bisa meningkatkan kemampuan membaca sekaligus memperkaya pengetahuan akan bahasa Inggris Anda. Namun demikian, bacaan-bacaan bahasa Inggris yang dibaca hendaknya teks-teks dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa Inggris Anda. Teks yang terlalu mudah cenderung tidak meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda, sementara bacaan yang terlalu sulit dapat menjadikan Anda frustasi. Dengan demikian, Anda perlu mendapatkan teks yang tidak terlalu mudah tetapi tida terlalu sulit. Teks yang demikian dapat Anda pahami dengan relatif mudah dan meningkatkan kemahiran bahasa Inggris Anda karena teks tersebut mengandung kosa kata, struktur, dan ekspresi-ekspresi yang belum Anda kenal sebelumnya.

Belajar berkomunikasi
Selain belajar pengetahuan kebahasaan, untuk dapat sukses belajar bahasa Inggris, Anda harus sesering mungkin mempraktikkan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari baik secara lisan maupuntertulis. Ada sejumlah tip yang bisa dicoba untuk melatih kemampuanberkomunikasi Anda dalam bahasa Inggris.

Mendengarkan/menyaksikan acara berbahasa Inggris di radio/TV

Sekarang banyak radio dan stasiun TV yang menyelenggarakan acara-acara interaktif dalam bahasa Inggris. Anda bisa bergabung dalam acara itu dengan mendengarkan atau menelepon dan berbicara dengan penyiar dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara Anda.

Membuat speaking club

Anda bisa mengajak teman-teman untuk membentuk English Speaking Club. Yang dibahas dalam kegiatan ini bisa berasal dari topik-topik yang sedang in atau masalah-masalah yang dihadapi di sekolah, rumah, dll. Jika dilakukan di sekolah, Anda bisa meminta bantuan guru bahasa Inggris Anda untuk menjadi pembimbing dan sekaligus sebagai pemonitor bahasa Anda.

Membuat majalah dinding bahasa Inggris

Untuk dapat melatih kemampuan menulis, Anda bisa menulis artikel yang nantinya dipajang pada majalah dinding. Tentu saja Anda bisa menuangkan pikiran Anda dalam bentuk artikel, tip, puisi, cerita, humor, dll. Selain kemampuan menulis Anda terasah dan bakat Anda terlatih, nama penulis kan terpampang di mading.

Menulis buku harian dalam bahasa Inggris

Tidak semua orang diciptakan sebagai orang yang extrovert alias orang yang gaul dan bisa cas cis cus dengan mudah sama orang lain. Ada juga tipe orang introvert yang cenderung pendiam namun bukan berarti ia tidak punya kemampuan. Nah, bagi Anda si tipe introvert alias pendiam, Anda bisa juga menuangkan pikiran, ide, gagasan, curahan hati (bagi yang patah hati kali ya!), dan uneg-uneg Anda yang lain (misalkan habis dapat nilai jelek, nggak bisa mengerjakan soal di papan tulis, dll) atau kebahagiaan Anda (seperti ketika fallin’ in love with someone) dalam buku harian, dengan bahasa Inggris tentunya. Selain tidak malu dibaca dan ditertawakan teman, kemampuan menulis bahasa Inggris Anda pun meningkat.
Mendengarkan musik berbahasa Inggris di radio dan TV

Bagi Anda yang music mania, don’t worry, be happy. Musik pun bisa menjadi salah satu sarana yang OK buat belajar bahasa Inggris. Selain dapat menikmati syair dan lirik lagu favoritmu, Anda juga bisa melatih kemampuan mendengarkan, melafalkan bahasa Inggris Anda sekaligus memperluas kosa kata bahasa Inggris Anda.

Selain tip tersebut di atas, ada dua hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa berkomunikasi dengan lancar. Pertama, jangan takut membuat kesalahan ketika belajar maupun berbicara. Membuat kesalahan dalam proses belajar bahasa adalah suatu hal yang wajar dan hal itu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses belajar. Ke dua, jangan menjadikan keterbatasan kosa kata sebagai kendala yang menghalangi Anda untuk berbicara. Anda masih bisa menggunakan isyarat/gerak untuk memperjelas maksud Anda jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan kata-kata untuk mengutarakan maksud Anda.

Bagaimana? Ternyata tidak terlalu sulit kan untuk bisa belajar bahasa Inggris dalam keterbatasan sarana? Kuncinya adalah niat dan kemauan. Pepatah mengatakan “Di mana ada kemauan, di situ ada jalan atau istilah kerennya “When there is a will, there is a way”. Jadi, kenapa tidak mulai dari sekarang saja Anda belajar bahasa Inggris? Masih ingat kan password untuk sukses belajar bahasa inggris. Ya, niat dan kemauan. Kalau ada keduanya semuanya akan menjadi lebih mudah. “Banyak jalan menuju Roma” dan tentunya “banyak cara buat sukses belajar bahasa Inggris”.

Sumber: http://mademunarda.blogspot.com/2008/08/kiat-sukses-belajar-bahasa-inggris.html

Iklan

Agustus 21, 2008 - Posted by | Info, tips beasiswa

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: