Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

FK UI Program Studi Ilmu Biomedik (S2 & S3)

Program Studi Ilmu Biomedik (S2 & S3)
Anatomi beasiswa Beasiswa Pendidikan Biokimia Biologi Biologi Molekuler Biologi Sel Komprehensif biologis Biomedik Bioteknologi

Ilmu Biomedik

Ilmu Biomedik adalah cabang ilmu kedokteran yang menggunakan asas-asas dan pengetahuan dasar ilmu pengetahuan alam (Biologi, Kimia dan Fisika) untuk menjelaskan fenomena hidup pada tingkat molekul, sel, organ dan organisme utuh, hubunganya dengan penyakit dan mencarikan serta mengembangkan bahan yang tepat untuk mencegah, mengobati dan memulihkan kerusakan akibat penyakit.

Tujuan mempelajari Ilmu Biomedik adalah menangani masalah kesehatan / kedokteran yang belum terpecahkan dengan pendekatan klinis, bukan sekedar menyokong pendekatan klinis. Demikian luas bidang cakup ilmu biomedik sehingga terbuka peluang bagi yang bukan dokter dengan latar belakang pendidikan ilmu pengetahuan alam untuk mengembangkan minatnya dalam bidang ini.

Pendekatan ilmu Biomedik dilakukan melalui teknik laboratorium, baik dengan bahan uji biologis yang berasal dari penderita, dari lingkungan maupun dari hewan coba.

Program Studi Ilmu Biomedik
Program Pascasarjana FKUI
Merupakan Program Pascasarjana pertama di Universitas Indonesia. Didirikan pada tanggal 11 Agustus 1979 dengan nama “Program Pendidikan Pascasarjana Ilmu Kedokteran Dasar” (P3S IKD) di FKUI yang merupakan Program Pendidikan S2 (Magister). Sejak tahun 1990 diubah menjadi Program Studi Ilmu Biomedik (PSIB) yang dikembangkan ke jalur akademik dan dikelola oleh Program Pascasarjana (PPS) FKUI. PSIB terbagi atas: Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Program Magister PSIB PPS-FKUI telah dievaluasi oleh BAN pada thaun 2000 dan memperoleh ranking A dengan nilai tertinggi diseluruh Indonesia.

VISI
PSIB PPS – FKUI
“Menjadi pusat pendidikan berbasis penelitian yang unggul dalam Ilmu Biomedik”

MISI
PSIB PPS – FKUI

Mendidik calon peneliti dalam berbagai bidang ilmu Biomedik melalui penelitian sebagai kegiatan pembelajaran pokok, dengan asas “Membentuk peneliti melalui penelitian”.
Melakukan penelitian dalam berbagai ilmu Biomedik yang layak publikasi dalam jurnal nasional / internasional, dan/atau yang dapat memperoleh paten.
Menjalin jaringan kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar Indonesia, baik dalam penelitian maupun dalam program pendidikan.

Staf Pengajar

Staf Pengajar Program Studi Ilmu Biomedik terdiri atas MS Biomedik atau MSc. (+-86 orang), Doktor atau PhD. (48 orang) serta Guru Besar (30 orang) yang berasal dari berbagai disiplin ilmu Biomedik di FKUI.

SARANA
Pendidikan dan Penelitian

Seluruh fasilitas pendidikan dan laboratorium yang ada di lingkungan FKUI (khususnya departemen terkait), sarana penelitian lembaga mitra seperti: laboratorium MAKMAL terpadu, lembaga Eijkman, Pusat Transfusi Darah PMI-RSCM dan lembaga-lembaga penelitian pemerintah atau swasta terkait.

Profil Lulusan

Para lulusan diharapkan mampu melakukan penelitian, baik secara mandiri maupun dalam suatu tim (kelompok), mampu mencari penyelesaian masalah kesehatan dan biologi dan mempunyai motivasi untuk ikut memberi sumbangan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dalam bidang biomedik dan aplikasinya. Lulusan PSIB PPS-FKUI dapat bekerja sebagai dosen/tenaga pengajar diberbagai perguruan tinggi, sebagai peneliti di lembaga penelitian / industri atau sebagai manager laboratorium.

Beasiswa Pendidikan

Staf Pengajar Perguruan Tinggi Negeri atau Kopertis dalam lingkungan Departemen Pendidikan Nasional yang memenuhi persyaratan yang ditentukan PSIB PPS-FKUI dapat mengajukan usulan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPS) ke Ditjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dengan melampirkan rekomendasi PSIB PPS – FKUI.

KURIKULUM

Lama pendidikan 4 – 6 semester, dengan jumlah kredit yang harus diperoleh harus sekitar 40 – 44 SKS, yang terbagi atas:

Mata ajaran umum (16 SKS), wajib diikuti seluruh peserta.
Mata ajaran khusus (16-20 SKS), sesuai dengan kurikulum kekhususan terdiri atas: mata kuliah wajib dan mata kuliah penunjang/pilihan.
Penelitian tesis (8 SKS)

Mata ajaran umum dan kekhususan dilangsungkan dalam 3-4 semester.

Mata Kuliah Umum:

1. Biologi Sel Komprehensif (2 SKS)
2. Biologi Molekuler dan Genetika (2 SKS)
3. Filsafat Ilmu Pengetahuan (1 SKS)
4. Metodologi Riset (3 SKS)
5. Pengantar Biokimia (2 SKS)
6. Prinsip Bioteknologi (2 SKS)
7. Seminar Umum (2 SKS)
8. Kemampuan Dasar Laboratorium (2 SKS)

Pendidikan dilaksanakan berdasarkan pola kegiatan mandiri denga strategi sebagai berikut:

1. Kuliah interaktif
2. Kerja Laboratorium / Lapangan
3. Seminar
4. Penelitian dan Penulisan Tesis

Program Magister

Terdiri atas 12 kekhususan, yaitu:

1. Anatomi
2. Biokimia
3. Biologi Kedokteran
4. Farmakologi
5. Fisiologi
6. Histologi
7. Imunologi
8. Mikrobiologi
9. Parasitologi
10. Patobiologi
11. Sains Reproduksi Kedokteran
12. Sains Transfusi

Persyaratan Peserta
Program studi ini dapat diikuti oleh Sarjana bidang:

Kedokteran (dr. / S.Ked., drg. / SKG atau drh. / S.Vet)
Kesehatan Masyarakat (SKM, Sarjana Gizi)
Non Kedokteran (SSi, Biologi/Kimia/Farmasi, Sarjana Pendidikan untuk Ilmu biologi/kimia, Sarjana Pertanian dan Sarjana lain dengan latar belakang ilmu biologi dan ilmu kimia yang cukup)

Persyaratan Umum

Cakap menulis dan membaca bahasa inggris, lulus tes potensi akademik yang diselenggarakan Universitas Indonesia dan lulus tes / Persyaratan dari masing-masing kekhususan.

PROGRAM DOKTOR
KURIKULUM

Lama pendidikan 6-8 semester, dengan jumlah kredit yang harus diperoleh: 22 – 24 SKS mata ajaran untuk Kualifikasi, 3 SKS ujian proposal, 3 SKS penilaian kegiatan penelitian, 3 SKS seminar hasil penelitian, 12 SKS ujianpra-promosi (tertutup) dan 6 SKS ujian promosi (terbuka).

PROPOSAL PENELITIAN

Diajukan selambatnya semester II untuk menentukan tim promotor. Penilaian proposal penelitian dilakukan oleh 4 orang pakar dalam bidang terkait, termasuk diantaranya calon tim promotor.

TIM PROMOTOR

Terdiri atas: 1 orang Promotor dan 1-2 orang KoPromotor. Promotor adalah guru besar di PSIB PPS-FKUI atau dilingkungan UI yang terkait ilmu Biomedik. Tim promotor menentukan mata ajaran kualifikasi yang harus di ambil promovenda untuk mendukung penelitiannya (setelah lulus ujian proposal).

PENELITIAN & DISERTASI

Penelitian dimulai bila telah lulus ujian proposal dan dapat dilaksanakan besamaan dengan mata ajaran kualifikasi. Penelitian sebagian atau seluruhnya harus dipublikasikan sekurangnya dalam 2 jurnal ilmiah nasional atau 1 jurnal ilmiah internasional yang terakreditasi. Disertasi dapat dituliskan dalam bahasa Indonesia atau Inggris dan dipertahankan dalam ujian prapromosi (tertutup) dan promosi (terbuka).

PERSYARATAN PESERTA

Sarjana S2 Ilmu Biomedik atau bidang lain yang berkaitan dengan ilmu Biomedik dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang terakreditasi diakui Depdiknas.
Cakap menulis dan membaca bahasa Inggris.
Mengajukan usulan / rencana penelitian.
Lulus seleksi dan wawancara dari Program Doktor PSIB PPS-FKUI.
PENDAFTARAN

Formulir pendaftaran dapat diperoleh pada:
SEKERTARIAT PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS INDONESIA
JL. SALEMBA RAYA No. 4 JAKARTA 10430
TELP. : (021) – 3100059, 3924710
FAX. : (021) – 31922269

Pendaftaran Program Magister dilaksanakan dalam 2 gelombang:

* Gelombang I : Bln. Jan. s/d Mar. atau Jul. s/d Sept.
* Gelombang II : Bln. Apr. s/d Jun. atau Okt. s/d Des.

Ujian saringan Program Magister
Terdiri atas 2 tahap :

Tahap I bersifat umum diadakan di Balairung UI Depok. Terdiri atas: tes potensi akademik, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Tahap II bersifat khusus diadakan di Kampus UI Salemba, yaitu: tes / wawancara di masing-masing kekhususan.

Pendaftaran Program Doktor dilaksanakan pada bulan:

* Januari s/d Juni untuk Semester Ganjil.
* Juli s/d Desember untuk Semester Genap.

Seleksi Program Doktor

* Presentasi usulan / rencana penelitian
* tes bahasa Inggris
* wawancara

Informasi lebih rinci mengenai biaya pendaftaran dan pedidikan dapat diperoleh pada :
Sekretariat Program Studi Ilmu Biomedik PPS – FKUI
Gedung FKUI Lantai II
Jl. Salemba Raya 6 Jakarta 10430
Telp. : (021) 31900908, 3910734, 31930379 dan 31930373 pes. 31,35,49
Fax. : (021) 31900908, 3190190
E-Mail : psbiomedik@centrin.net.idThis e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it , psbiomedik@fk.ui.ac.idThis e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

CATATAN:
Calon peserta Program Magister PSIB PPS-FKUI, dimohon mencantumkan nama kekhususan yang dipilih di formulir pendaftaran.

Agustus 15, 2008 - Posted by | beasiswa s1, beasiswa s2, beasiswa s3

1 Komentar »

  1. Kepada Yth: CEO RUMAH SAKIT DI SELURUH PROVINSI RI.
    Di
    Tempat

    Dengan hormat,
    saya sebagai rakyat kecil memohon dan mengusulkan kepada pemimpin rumah sakit yakni:
    1. HARUS DIPERHATIKAN TINGKAT KEPUASAAN PELANGGAN ATAU PASIEN.
    2. UTAMAKAN RAMAH DAN SOPAN SANTUN (BUDAYAKAN) MISALNYA SENYUMAN ANDA HARAPAN KAMI (TUTUR KATA, ETIKA, KODE ETIK, ETIKA PROFESI)
    3. SEORANG SUSTER/ DOKTER WANITA SEBAIKNYA/ALANGKAH BAIKNYA JANGAN MEMAKAI ROK KETAT/ROK PENDEK/ROK MINI/ROK SEKSI YANG TRANSPARAN DAN KAIN YANG TIPIS TETAPI SEBAIKNYA/ALANGKAH BAIKNYA SEORANG SUSTER/DOKTER WANITA MEMAKAI ROK PANJANG YANG LONGGAR SERTA ROK KAIN YANG TEBAL DAN ROK PANJANG SAMPAI DIBAWA KAKI, UNTUK MENJAGA KEHORMATAN WANITA YAKNI HARKAT DAN MARTABAT SEORANG WANITA DAN JUGA MENJAGA KEHORMATAN KODE ETIK PROFESI SERTA ETIKA PROFESI SEORANG SUSTER/DOKTER WANITA.
    4.SEORANG SUSTER/ DOKTER WANITA SEBAIKNYA/ALANGKAH BAIKNYA JANGAN MEMAKAI CELANA PANJANG YANG TRANSPARAN, KAIN YANG TIPIS TETAPI SEBAIKNYA/ALANGKAH BAIKNYA SEORANG SUSTER/DOKTER WANITA MEMAKAI CELANA PANJANG YANG LONGGAR SERTA CELANA PANJANG (KAIN YANG TEBAL) SAMPAI DIBAWA KAKI, UNTUK MENJAGA KEHORMATAN WANITA YAKNI HARKAT DAN MARTABAT SEORANG WANITA DAN JUGA MENJAGA KEHORMATAN KODE ETIK PROFESI SERTA ETIKA PROFESI SEORANG SUSTER/DOKTER WANITA (UNTUK USIA 20 TAHUN HINGGA USIA 35 TAHUN).
    5.SEORANG DOKTER JANGAN MEREREMEHKAN ATAU MELECEHKAN SESAMA PROFESI (JANGAN MERASA DIRINYA LEBIH PANDAI) DAN SEMUA PEGAWAI YAKNI DOKTER DAN SUSTER DILATIH DENGAN KOSTUMER SERVIS/ PELAYANAN PELANGGAN.
    6. SEORANG DOKTER DAN SEORANG SUSTER MENGUCAPKAN KATA-KATA YANG SOPAN SANTUN DAN BERETIKA ATAU UCAPKAN KATA/KALIMAT YANG TIDAK MENYEBABKAN MENYINGGUNG PERASAAN PASIEN.JANGAN UCAPKAN KATA KATA KASAR/ KURANG ETIS/ KURANG BERETIKA YANG MENYEBABKAN PENYAKIT PASIEN MENJADI BERTAMBAH PARAH.
    7. SOAL PENARIKAN/REKRUTMEN YAKNI SETIAP PENERIMAAN PEGAWAI (DOKTER/SUSTER) HARUS DITES KEJIWAAN YANG SESUNGGUH-SUNGGUHNYA DAN MENTALNYA SESUNGGUH-SUNGGUHNYA DENGAN MELIBATKAN SEORANG PAKAR PSIKIATER, APAKAH CALON PEGAWAI (DOKTER/ SUSTER) BISA BERFIKIR JERNIH DAN SEHAT JASMANI DAN ROHANI.
    KARENA SEORANG DOKTER DAN SUSTER BERHUBUNGAN LANGSUNG DENGAN PIHAK PASIEN YANG SAKIT/DIRAWAT.
    8. SEORANG DOKTER DAN SEORANG SUSTER (PRIA DAN WANITA) HARUS MEMAKAI PAKAIAN YANG RAPIH SERTA SEPATU (SEPATU KANTORAN), DAN TUTUR KATA YANG SOPAN DAN BERETIKA/PRILAKU (ATTITUDE YAKNI NORMA KESOPANAN DAN NORMA KESUSILAAN) DAN EKSTRA SABAR, SALING PENGERTIAN DAN SALING BERTOLERANSI SESAMANYA).
    9 (A). SEORANG DOKTER DAN SUSTER MENJUNJUNG TINGGI NORMA-NORMA DINEGARA Republik Indonesia, TATA NILAI/ HUKUM ADAT/ MORAL/AGAMA/ ETIKA PROFESI/KODE ETIK PROFESI DAN BERPEGANG TEGUH TANGGUNG JAWAB PROFESI
    9 (B). SECARA KHUSUS:
    – SEORANG DOKTER/ SUSTER (WANITA DAN PRIA) MENJUNJUNG TINGGI KEHORMATAN PROFESI/ ETIKA PROFESI
    – SEORANG DOKTER/ SUSTER (WANITA DAN PRIA) HARUS INGAT DAN SELALU BERPEGANG PADA SUMPAH JABATAN PROFESI/ MENJUNJUNG TINGGI SUMPAH PROFESI DAN MENYANGKUT NYAWA MANUSIA.
    – SEORANG DOKTER/ SUSTER JANGAN MERASA PUAS PADA PENGETAHUAN DIMAKSUD/DIMILIKI SERTA BERFIKIR JERNIH SEBELUM BERTINDAK.

    TUHAN YESUS KRISTUS MEMBERKATI ANAK-ANAK TUHAN YESUS

    TUHAN YESUS MEMBERKATI BERKELIMPAHAN BANGSA DAN NEGARA Republik Indonesia yang kita cintai dan kita banggakan.

    Komentar oleh SETRISMAN | September 28, 2014


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: