Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Mencari peneliti linguistik bahasa indonesia

mencari peneliti linguistik perkembangan “bahasa indonesia” untuk anak sekolah dasar

dear beasiswa milister,

saya ingin bertanya,diantara sekian ribu pengikuti milis, apakah ada yang menggeluti “linguistik” untuk anak sekolah dasar? atau psikolinguistik untuk anak sekolah dasar?

bila ada bolehkan saya meminta contact person ibu/bapak/mas/mbak untuk berdiskusi, sebelumnya terima kasih banyak.

saat ini saya sedang praktek kerja profesi/bekerja dibeberapa sekolah (tk, sd, smp, sma, slb) untuk memenuhi persyaratan menjadi psikolog. kebetulan di sekolah dasar, saya menangani anak yang mengalami gangguan menulis dan membaca.
karena bidang saya psikologi, saya sangat membutuhkan bantuan dari rekan yang menggeluti bidang bahasa indonesia. banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan “pembentukan” bahasa indonesia pada anak, yang belum saya ketahui.

kebetulan, saat ini saya sedang kuliah di magister profesi psikologi pendidikan. minat saya psikolinguistik untuk anak sekolah dasar. rencana thesis saya akan mengangkat mengenai gangguan menulis (dysgrafia) pada anak sekolah dasar.

karena bidang yang hendak saya geluti perkawinan antara ilmu psikologi dan ilmu linguistik (bahasa indonesia), serta neurolog anak. oleh karena itu saya sangat membutuhkan bantuan rekan-rekan yang bergeluti di bidang linguistik. atau mungkin malah saya bisa bertemu rekan-rekan yang menggeluti bidang yang nyerempet dengan bidang yang hendak saya geluti.

sebenarnya, begitu banyak hal yang sebenarnya menjadi pertanyaan saya. seperti:

1. perkembangan bahasa anak indonesia itu bagaimana? karena selama ini teori yang ada selalu membahas perkembangan bahasa di dunia barat. sementara dari karakteristik bahasanya sendiri sudah berbeda. ya, ini hanya asumsi saya saja, bahwa ada perbedaan perkembangan bahasa antara anak di indonesia dan di dunia barat. atau mungkin asumsi saya ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian linguistik di indonesia, hanya saya saja yang belum tahu. ya, oleh karena itu saya mohon bantuan informasi melalui milis ini. siapa tahu ada rekan yang bisa membantu saya tentang.

2. selama ini apakah pemerintah terutama depdiknas sudah berperan atau memiliki program untuk anak-anak yang mengalami gangguan menulis dan membaca? karena seperti yang kita tahu bahwa pendidikan di indonesia masih paper and pencil test, semua diukur di atas hitam dan putih. tentu saja bagi anak-anak yang mengalami language difficulties akan mengalami frutasi dan berpotensi menjadi siswa yang “tidak berprestasi.” padahal mereka memiliki potensi yang lain.

3. sebenarnya penyusunan buku-buku bahasa indonesia untuk kelas 1 dan 2 SD berdasarkan dari penelitian perkembangan linguistik bahasa indonesia anak atau tidak? karena, saya melihat ada kecenderungan “bahasa” yang digunakan kok agak tinggi. alias agak sulit untuk anak-anak usia kelas 1 dan 2 SD.

4. apakah kurikulum untuk pengajaran bahasa indonesia selama ini mempertimbangkan perkembangan linguistik bahasa indonesia anak?

semoga, melalui tulisan ini, saya dapat bertemu dengan peneliti linguistik perkembangan “bahasa indonesia” untuk anak sekolah dasar. atau rekan-rekan yang berminat dalam bidang tersebut. serta rekan-rekan yang memiliki keresahan yang seperti saya rasakan…

ya, mungkin sekedar curhat saja…setiap saya turun ke lapangan dan menemukan anak-anak yang berkesulitan membaca dan menulis…dalam hati kecil saya begitu resah…hingga saya ingin tahu lebih banyak, tentang bagaimana sistem pengajaran “bahasa indonesia” untuk anak sebenarnya (terutama tentang bagaimana asal muasalnya)….

harapan saya, sederhana saja…penelitian psikolinguistik yang hendak-sedang saya lakukan bisa sedikit membawa angin segar untuk perkembangan literasi “bahasa indonesia” anak-anak. hingga, ketika guru kelas 1& 2 sekolah dasar menemui anak-anak mereka berkesulitan dalam membaca dan menulis, mereka tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana penanganannya.

sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

salam hangat,
lusia

Agustus 6, 2008 - Posted by | Info

1 Komentar »

  1. dear lusia

    mungkin suatu keterlambatan baru sekarang saya merespon email anda karena saya pun baru membacanya melalui pencarian di goggle
    tapi untuk ilmu pengetahuan rasanya tidak ada kata terlambat.

    saat ini saya terdaftar sebagai mahasiswa s1 di unj.
    di unj saya mengenal seorang professor yang ahli dalam bidang ini, prof ahmad namanya. beliau pernah menugaskan saya untuk melakukan penelitian serupa, yakni tentang psikolinguistik.
    kebetulan psikolinguitik dijadikan mata kuliah wajib mahasiswa jurusan bahasa dan sastra indonesia.

    bila anda berkenan silakan hubungi email saya.
    saya akan mengenalkan anda kepada beliau.

    salam, aning.

    Komentar oleh aning | November 26, 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: