Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Sistem Pendidikan di Australia

Sistem sekolah di Australia

Pendidikan di Australia mulai dengan satu tahun persiapan diikuti oleh 12 tahun sekolah dasar dan menengah. Dalam tahun terakhir di sekolah menengah (Tahun 12) Anda dapat mengikuti program pendidikan sertifikat yang disahkan oleh pemerintah, dan diakui untuk studi lanjut oleh semua universitas dan lembaga pendidikan kejuruan dan pelatihan Australia. Senior Secondary Certificate of Education ini juga diakui untuk masuk ke banyak universitas internasional.

Australia telah mengembangkan suatu kerangka kurikulum nasional untuk memastikan standar-standar akademik yang tinggi di seluruh Australia. Semua sekolah menyediakan mata pelajaran dalam delapan Bidang Pelajaran Utama: Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Kemasyarakatan dan Lingkungan Hidup,Sains, Kesenian, Bahasa selain bahasa Inggris, Teknologi dan Pengembangan Pribadi, Pendidikan Kesehatan dan Jasmani. Di tingkat menengah, sekolah-sekolah dapat menawarkan berbagai macam pilihan mata pelajaranyang disampaikan oleh para pengajar yang amat terlatih dan berpengalaman, serta mempergunakan teknologi yang sangat canggih dan mutakhir termasuk Internet, bahan-bahan CD-ROM, peralatan multimedia dan laboratorium.

Banyak siswa yang menggunakan program studi menengah atas untuk mencapai kualifikasi yang diperlukan untuk masuk ke universitas. Sekitar sembilan dari setiap sepuluh sekolah menengah Australia juga menawarkan program-program studi kejuruan di samping kurikulum sekolah standar. Dengan suatu sistem sekolah di Australia yang menyampaikan pelatihan kejuruan yang praktis dan sekaligus berorientasi pada karier, siswa mencari pekerjaan dengan menyadari bahwa ketrampilan-ketrampilan mereka dibutuhkan oleh para pengguna jasa.

Di sini tersedia penasihat siswa internasional yang akan membantu Anda mengambil keputusan yang matang tentang ditingkat mana anak Anda dapat masuk ke sistem sekolah di Australia. Agar dapat melakukan hal ini, penasihat sekolah Anda mungkin akan meminta rapor atau laporan akademik dari sekolah tempat anak Anda belajar saat ini di negara asal.

Tahun akademik

Tahun sekolah dibagi menjadi empat periode dan berlangsung mulai akhir Januari/awal Februari sampai Desember. Antara tipa periode tersebut ada liburan pendek dan ada liburan panjang musim panas pada bulan Desember dan Januari.

Para siswa bersekolah dari hari Senin sampai Jumat setiap minggu. Jam sekolah bervariasi sedikit di seluruh Australia tetapi biasanya dari jam 9.00 pagi sampai 3.30 siang setiap hari sekolah.

Budaya dan olah raga
Kurikulum sekolah Australia mencakup berbagai ketrampilan dan peminatan siswa. Drama, musik, kesenian, ketrampilan berdebat dan pidato, serta kegiatan olah raga tim maupun perorangan, semuanya ditingkatkan melalui kerjasama dan kompetisi antar sekolah. Sekolah-sekolah juga mengatur les privat dan memberikan program khusus yang dirancang untuk siswa internasional berbakat. Terdapat pula pusat-pusat pembelajaran yang dirancang khusus dan fasilitas-fasilitas olah raga yang menciptakan lingkungan ideal untuk pengembangan akademis dan pribadi siswa internasional. Keanekaragaman bidang kesenian dan olah raga tersebut dapat membantu siswa mengembangkan ketrampilan berorganisasi dan kepemimpinan, sekaligus melatih kemandirian dan kepercayaan diri.

Internasional Baccalaureate
Di Australia terdapat 24 sekolah pemerintah dan swasta yang menawarkan program Internasional Baccalaureate (IB). Hanya sekolah-sekolah yang resmi diakui oleh Internasional Baccalaureate Organisation (IBO) yang diberi kewenangan untuk menyelenggarakan kurikulum pra-universitas ini yang lamanya dua tahun kepada siswa-siswa berusia antara 16 dan 19 tahun. Banyak siswa, baik di Australia ataupun di luar negeri, yang mengikuti IB Diploma untuk masuk ke universitas-universitas unggulan di kawasan Asia-Pasifik. Walaupun demikian, siswa yang menginginkan suatu jalur karier kejuruan harus membicarakan pilihan-pilihan mereka dengan sekolah yang bersangkutan.

Source: studyinaustralia.gov.au

Agustus 2, 2008 - Posted by | BEASISWA, luar negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: