Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Sekolah Kuliah di Australia FAQ

Pertanyaan-pertanyaan yang sering di ajukan

Apa yang membuat belajar di Perth begitu menarik?

Perth adalah rumah bagi pendidikan berkualitas tinggi dan juga keunggulan riset yang diakui dunia internasional. Kami memiliki universitas, sekolah, sekolah tinggi bahasa Inggris, jalur studi, dan pendidikan dan pelatihan kejuruan serta program-program studi berkelas dunia.

Undang-undang Pemerintah Australia mengharuskan adanya agen jaminan mutu dan pedoman perilaku agar siswa internasional di Australia dan orang tua mereka menikmati tingkat layanan dan perlindungan keuangan yang tak tertandingi.

Kota Perth yang multibudaya memiliki standar hidup yang tinggi dan merupakan kota yang aman, bersahabat, canggih dan harmonis di mana siswa dapat belajar, bepergian dan juga berinteraksi. Lembaga pendidikan di Perth juga menawarkan nilai yang menguntungkan untuk uang anda.

Apakah kualifikasi Australia diakui di negara asal saya?

Kualifikasi Australia dihargai di dunia internasional saat mencari pekerjaan atau melanjutkan studi di universitas internasional terkemuka. Yang membedakan Australia dari sejumlah negara lainnya adalah Sistem Kualifikasi Australia (Australian Qualifications Framework/AQF) yang merupakan sebuah sistem nasional nama program studi dan jalur studi yang diakui di seluruh Australia dan di negara-negara lainnya.

Bagaimana cara saya mengajukan permohonan untuk belajar di Perth dan mendaftar pada program studi?

Ada enam langkah mudah untuk diikuti:

Tentukan sektor yang anda inginkan untuk studi anda – universitas, sekolah tinggi, sekolah, dll.

Pilih program studi

Mendaftar di lembaga pendidikan, menerima tawaran

Mengajukan permohonan visa, membayar biayanya

Rampungkan persiapan pra-keberangkatan

Tiba di Perth dan ikuti program pengenalan lembaga pendidkan yang anda pilih

Tingkat kualifikasi apa yang paling cocok untuk saya?

Sistem Kualifikasi Australia (Australian Qualifications Framework/AQF) merupakan sebuah kerangka nasional yang mencakup 13 kualifikasi berbeda yang menghubungkan keempat sektor pendidikan dan menyediakan jalur studi dan pengakuan atas studi sebelumnya. Begitu status kualifikasi yang anda miliki saat ini diperoleh, AQF akan membantu anda memilih program studi yang sesuai di Australia. Banyak lembaga pendidikan menawarkan studi persiapan, yang juga dikenal sebagai program studi penjembatanan atau pengantar, untuk membantu memenuhi syarat pendaftaran akademik lembaga pendidikan Australia. Terdapat juga sejumlah kursus bahasa Inggris dengan tanggal mulai di sepanjang tahun untuk mempersiapkan anda untuk studi lebih lanjut di Australia.

Bagaimana cara saya mendapatkan informasi mengenai lembaga pendidikan apa yang menarik bagi saya?

Di situs web ini anda dapat mencari informasi tentang semua lembaga pendidikan dan program studi yang terdaftar di PEC yang tersedia bagi siswa internasional di Australia Barat. Kami juga menyediakan link langsung ke penyedia layanan pendidikan di AB yang menawarkan program studi bagi siswa internasional.

Berapa jumlah uang yang saya butuhkan?

Bagian penting dari perencanaan studi adalah pembiayaan studi anda. Mayoritas siswa internasional di Australia adalah siswa yang membayar penuh biaya pendidikannya dan hanya sebagian kecil yang diberikan beasiswa. Kredit siswa tidak tersedia bagi siswa internasional di Australia.

Anda perlu mempertimbangkan apakah anda mampu untuk belajar di lembaga pendidikan tertentu. Biaya pendidikan bervariasi tergantung pada lembaga pendidikan dan disiplin ilmu yang dipilih. Misalnya, program studi ilmiah dan kedokteran yang membutuhkan banyak laboratorium dan kerja lapangan lebih mahal dibandingkan program studi kesenian. Untuk mendapatkan visa siswa dan tergantung dari negara mana anda mengajukan permohonan, anda mungkin perlu untuk menunjukkan bahwa anda memiliki dana yang cukup untuk membayar sebagian atau seluruh biaya pendidikan dan biaya hidup anda.

Apakah tersedia beasiswa?

Ya. Beasiswa tersedia bagi siswa internasional, namun sebagian besar ditawarkan untuk program studi pascasarjana di universitas. Mayoritas siswa internasional di Australia membayar penuh biaya pendidikan mereka dan tidak diberikan beasiswa.

Bagaimana saya tahu kalau saya memenuhi syarat pendaftaran untuk program studi yang saya pilih?

Siswa harus memenuhi persyaratan akademik minimum agar dapat diterima di program studi tertentu. Setiap lembaga pendidikan menetapkan syarat pendaftarannya masing-masing jadi syarat pendaftaran mungkin berbeda antara lembaga pendidikan satu dengan yang lainnya, dan antara program studi atau fakultas satu dengan yang lainnya. Beberapa program studi juga membutuhkan pengalaman kerja yang relevan dan hal ini sangatlah penting dalam kaitannya dengan MBA dan program studi pascasarjana lainnya.

Anda mungkin akan diminta untuk menunjukkan bukti prestasi akademik anda dan kecakapan bahasa Inggris untuk menilai apakah anda memenuhi syarat pendaftaran dari program studi yang anda ajukan. Lembaga pendidikan akan melihat tingkat dan materi studi yang telah anda selesaikan di Australia atau negara asal anda.

Apabila anda tidak memenuhi syarat pendaftaran untuk studi lebih lanjut, anda dapat mendaftar di program jalur studi sekolah menengah atau sekolah tinggi. Jika anda tidak memenuhi syarat pendaftaran program sarjana, anda dapat mendaftar di Program Studi Pengantar yang mempersiapkan anda untuk studi lebih lanjut di AB dan mendapatkan tempat sementara di program studi yang anda ajukan melalui “paket visa”. Program studi penjembatanan juga ditawarkan. Anda dianjurkan untuk meminta saran dari lembaga pendidikan tentang pemenuhan syarat pendaftaran mereka sebelum mendaftar di program studi pilihan anda.

Tingkat kemahiran bahasa Inggris seperti apa yang saya butuhkan?

Bukti kecakapan bahasa Inggris dibutuhkan saat mengajukan permohonan visa siswa. Tergantung pada program studi yang anda ajukan, anda harus memiliki skor minimum dalam tes kecakapan bahasa Inggris IELTS dan/atau telah menyelesaikan masa studi bahasa Inggris di lembaga pendidikan di Australia.

Sebagian besar program studi universitas, jalur studi dan pendidikan dan pelatihan kejuruan mengharuskan siswa memiliki tingkat kecakapan bahasa Inggris yang memadai. Anda sebaiknya meminta informasi dari lembaga pendidikan terkait tentang tes kecakapan bahasa Inggris apa yang diakui oleh lembaga pendidikan tersebut dan berapa skor minimum untuk masing-masing program studi. Terdapat banyak kursus bahasa Inggris dengan tanggal mulai di sepanjang tahun.

Apa yang dimaksud dengan pelatihan Pendidikan Kejuruan dan Teknik (Vocational and Technical Education/VTE)?

Sistem Pendidikan Kejuruan dan Teknik (Vocational and Technical Education /VTE) Australia memberikan pelatihan yang bersifat praktis dan berorientasi pada karir dan mencakup berbagai kursus di bidang komputer, studi bisnis, pemasaran, pariwisata dan perhotelan. VTE juga tersedia di sekolah-sekolah Australia.

Apakah siswa internasional bisa bersekolah di Australia?

Ya. Berbagai sekolah pemerintah dan non-pemerintah menerima siswa internasional dan harus memenuhi persyaratan khusus di bawah undang-undang Pemerintah Australia.

Bagaimana cara saya mendapatkan Visa Siswa Australia?

Setelah anda memilih program studi dan lembaga pendidikan, anda harus mengajukan permohonan. Anda dapat memperoleh formulir permohonan baik dari agen pendidikan Australia setempat atau petugas penghubung yang ditunjuk oleh lembaga pendidikan terkait. Pusat Pendidikan Australia (Australian Education Centre) atau Kedutaan Australia di negara anda dapat memberikan daftar agen pendidikan Australia setempat atau rincian petugas penghubung yang ditunjuk oleh lembaga pendidikan yang bersangkutan.

Anda umumnya membutuhkan dokumentasi berikut saat mengajukan permohonan anda:

dokumen yang berisi nama lembaga pendidikan tempat anda mendaftar, nama program studi yang anda ajukan dan pilihan program studi kedua dan ketiga di lembaga pendidikan yang sama

rincian lengkap program studi sebelumnya, termasuk fotokopi kualifikasi yang diberikan kepada anda

bukti kecakapan bahasa Inggris anda (untuk program studi sarjana dan pascasarjana, dan pendidikan dan pelatihan kejuruan)

Siswa internasional harus memiliki visa siswa yang sah selama masa studi mereka di Australia. Anda harus memastikannya di Kedutaan Australia di negara anda untuk mengetahui apakah anda memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan visa siswa sebelum memperoleh konfirmasi resmi atas pendaftaran anda dan membayar biaya pendidikan. Visa siswa hanya akan diberikan kepada anda untuk studi di Australia apabila anda bermaksud mengambil program studi purna-waktu yang terakreditasi dan terdaftar di Pemerintah Australia. Departemen Urusan Imigrasi dan Multibudaya (Department of Immigration and Multicultural Affairs/DIMA) juga memiliki kantor di berbagai negara, silakan kunjungi situs web mereka untuk mengetahui lokasinya.

Apakah saya membutuhkan pemeriksaan kesehatan sebelum mendapatkan visa siswa?

Ya, anda akan diminta untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai bagian dari proses pengurusan visa. Anda akan diberikan daftar nama dokter yang disetujui yang bekerja di negara anda dan formulir khusus untuk diisi oleh dokter tersebut.

Seluruh siswa harus menunjukkan bukti bahwa mereka memiliki perlindungan asuransi kesehatan sebelum visa diberikan. Australia memiliki sistem asuransi kesehatan dengan biaya yang sangat bersaing. Umumnya, anda dapat membayar premi asuransi kesehatan wajib (Overseas Student Health Cover, atau singkatnya OSHC) ke lembaga pendidikan yang kemudian membayarkannya ke perusahaan asuransi kesehatan atas nama anda. Apabila anda adalah siswa yang disponsori oleh AusAID, anda tidak perlu membayar sendiri OSHC namun anda harus memberikan bukti bahwa AusAID mensponsori permohonan anda.

Apakah visa siswa saya memperbolehkan saya untuk bepergian keluar masuk Australia?

Ya, jika permohonan anda berhasil, anda akan diberi Visa Masuk Ganda, yang memungkinkan anda untuk bepergian keluar masuk Australia dalam jangka waktu yang tertera pada visa.

Apakah saya secara otomatis akan menerima visa siswa jika saya mengajukan permohonan?

Tidak. Apabila permohonan anda tidak berhasil, anda akan diberi tahu alasannya secara tertulis. Keputusan untuk tidak memberikan visa siswa kepada anda tidak bisa ditinjau ulang apabila anda mengajukan permohonan dari luar Australia. Sebelum mengajukan kembali permohonan visa siswa, anda harus mempertimbangkan dengan seksama bukti apa yang bisa anda berikan untuk meyakinkan pembuat keputusan bahwa anda memenuhi semua persyaratan untuk mendapatkan visa siswa.

Apa yang selanjutnya terjadi jika saya diterima di sekolah di Perth?

Lembaga pendidikan tempat anda mendaftar akan mengirimkan konfirmasi tentang pendaftaran dan paket informasi kepada anda. Paket ini sangat penting karena berisi informasi mengenai program studi yang anda pilih, pilihan akomodasi anda dan acara penting yang harus anda hadiri dalam minggu-minggu pertama studi anda. Paket ini bisa juga berisi informasi tentang Perth, iklimnya, persyaratan pakaian yang biasa anda kenakan, informasi tentang kebiasaan setempat, fasilitas belanja, akomodasi, transportasi, perbankan, layanan pos dan telepon, perkiraan biaya hidup dan jumlah uang yang harus anda bawa saat anda pertama tiba, rencana penyambutan dan masa penyesuain diri anda serta tanggal kedatangan anda di Perth. Pastikan anda menghubungi lembaga pendidikan anda jika anda tidak menerima materi ini sebelum meninggalkan negara anda.

Siapa yang mengatur akomodasi saya?

Anda harus memastikan bahwa anda memiliki tempat tinggal saat anda tiba di Australia jadi ada baiknya anda meminta lembaga pendidikan anda untuk mengatur tempat menumpang sementara atau akomodasi lainnya untuk 2-4 minggu pertama. Dalam jangka waktu ini, anda bisa mencari akomodasi permanen anda. Apabila anda belum meminta lembaga pendidikan untuk mengatur akomodasi, anda harus memesan sendiri akomodasi anda. Kantor internasional lembaga pendidikan anda mungkin dapat membantu anda untuk mencari akomodasi yang sesuai, baik di dalam maupun di luar kampus, begitu anda tiba di Australia.

Bagaimana jika saya belum menyiapkan akomodasi sebelum tiba di Perth?

Apabila anda belum mengatur akomodasi sebelum anda berangkat, lembaga pendidikan anda mungkin dapat membantu anda mencari akomodasi sewaan yang sesuai atau keluarga tempat menumpang sementara. Anda juga bisa melihat papan pengumuman kampus untuk mengetahui siswa lain yang mencari orang untuk berbagi kamar atau rumah. Surat kabar setempat memuat iklan lowongan akomodasi, khususnya di edisi hari Sabtu dan pertengahan minggu. Terdapat peraturan khusus yang mengatur pendaftaran siswa di bawah usia 18 tahun di AB. Semua siswa yang berusia di bawah 18 tahun harus memiliki akomodasi yang disetujui oleh lembaga pendidikan mereka.

Apakah lembaga pendidikan di AB harus memikul tanggung jawab lebih terhadap mereka yang berusia di bawah 18 tahun?

Penyedia layanan pendidikan yang memberikan persetujuan atas pengaturan perhatian bagi siswa yang berusia di bawah 18 tahun harus:

memberikan pernyataan yang ditandatangani kepada lembaga pendidikan terkait yang menegaskan bahwa pengaturan yang sesuai telah dilakukan untuk akomodasi, dukungan dan kesejahteraan umum siswa bersangkutan selama mereka menetap di Australia hingga mereka berusia 18 tahun, dan

memberi tahu lembaga pendidikan tersebut secara tertulis tentang segala perubahan dalam pengaturan perhatian. Selain itu, siswa harus mendapatkan persetujuan dari penyedia layanan pendidikan untuk mengubah pengaturan ini jika mereka ingin melakukannya setelah mereka tiba di Australia.

Penyedia layanan pendidikan di Australia Barat juga berkomitmen kuat untuk meninjau secara seksama calon wali bagi siswa yang berusia di bawah 18 tahun

Apa persyaratan karantina Australia?

Persyaratan yang ditetapkan sangatlah ketat. Pengunjung dari seluruh penjuru dunia tertarik dengan lingkungan alam Australia yang menakjubkan. Australia memiliki banyak tumbuhan dan hewan asli Australia yang unik di planet ini. Karantina Australia diperlukan untuk mencegah masuknya hama dan penyakit dari luar yang dapat mempengaruhi flora dan fauna asli Australia, kesehatan manusia, industri pertanian dan lingkungan hidup kita. Peranan ini dijalankan oleh Badan Karantina dan Pengawasan Australia (Australian Quarantine and Inspection Service/AQIS). Kunjungi situs web AQIS untuk memperoleh informasi dalam berbagai bahasa asing mengenai apa yang tidak boleh anda bawa masuk ke Australia dan apa yang tidak boleh dikirimkan kepada anda oleh keluarga dan teman anda melalui pos.

Apakah ada orang yang akan menjemput saya di bandara?

Apabila sebelumnya anda telah membuat pengaturan, lembaga pendidikan tempat anda terdaftar akan mengirimkan seseorang untuk menjemput anda di bandara dan mengantar anda ke tempat akomodasi anda. Ada baiknya anda membuat pengaturan ini dengan lembaga pendidikan anda, karena anda mungkin belum terbiasa dengan transportasi dan uang Australia saat anda pertama kali tiba. Anda akan diberi tahu cara pergi ke lembaga pendidikan di hari perkenalan anda.

Apakah saya akan mendapatkan program pengenalan formal mengenai Perth and lembaga pendidikan saya?

Ya, anda akan menerima program pengenalan di lembaga pendidikan anda. Mereka akan memperkenalkan peraturan dan tata tertib serta jadwal lembaga pendidikan tersebut kepada anda.

Apa kewajiban saya sebagai seorang siswa internasional yang memiliki visa siswa?

Anda mempunyai beberapa kewajiban. Pemerintah Australia mengharuskan siswa untuk memberitahukan alamat mereka di Australia kepada lembaga pendidikan dalam waktu tujuh hari sejak kedatangan, dan memberi tahu lembaga pendidikan tentang segala perubahan alamat dalam waktu tujuh hari. Anda juga harus belajar di lembaga pendidikan anda dan mencapai perkembangan akademik dalam program studi anda.

Anda harus belajar di lembaga pendidikan tempat anda mendaftar selama 12 bulan (atau selama masa kursus apabila kurang dari 12 bulan). Anda bisa mengubah program studi anda namun sebelumnya anda harus mengajukan permohonan ke DIMA untuk mengubah penyedia layanan pendidikan. Terdapat biaya permohonan kecuali bila siswa mengubah program studi karena lembaga pendidikan bersangkutan tidak bisa terus menyediakan program studi tersebut.

Ketentuan visa siswa Australia harus dipatuhi selama anda belajar di Australia. Berdasarkan undang-undang Pemerintah, siswa yang melanggar ketentuan visa mereka akan menghadapi pembatalan visa wajib.

Selama masa studi, anda boleh meninggalkan Australia dan datang kembali jika anda memiliki visa yang sah. Jika tidak, anda harus mengajukan permohonan kembali, membayar biayanya dan memenuhi persyaratan visa yang berlaku saat itu.

Apakah saya bisa tinggal secara permanen di Australia?

Tidak. Visa siswa anda tidak berlaku untuk tinggal secara permanen di Australia atau untuk menetap setelah anda menyelesaikan studi anda. Anda harus meninggalkan Australia di akhir masa studi anda.

Visa apa yang saya butuhkan jika saya ingin mengambil program studi kedua di Perth?

Apabila setelah menyelesaikan program studi pertama anda ingin mengambil program studi baru, anda harus mengajukan permohonan visa siswa baru sebelum visa yang anda miliki saat ini habis masa berlakunya. Apabila visa anda saat ini memiliki ketentuan ‘no further stay’ (tidak boleh menetap lebih lama) anda tidak akan diberikan visa siswa baru selama anda di Australia.

Apakah saya bisa diterima sebagai migran Australia setelah studi saya di Perth selesai?

Program migrasi tenaga ahli Pemerintah Australia ditujukan kepada kaum muda yang memiliki keahlian, pendidikan dan kemampuan yang luar biasa yang akan memberikan sumbangan terhadap perekonomian Australia. Perubahan diberlakukan terhadap program migrasi tenaga ahli di bulan Juli 2003. Untuk informasi lebih lanjut tentang perubahan ini, silakan kunjungi situs web DIMA. Siswa yang memenuhi syarat dapat mengajukan langsung permohonan untuk mendapatkan visa permanen dan sementara tertentu. Apabila anda ingin bermigrasi ke Australia, anda harus menghubungi DIMA untuk mendapatkan informasi mengenai persyaratan migrasi.

Bagaimana peringkat lembaga pendidikan di Perth ditetapkant?

Seluruh lembaga pendidikan dan pelatihan di Perth menawarkan program studi internasional berkualitas tinggi kepada siswa internasional. Undang-undang Pemerintah Australia mengharuskan lembaga pendidikan untuk terdaftar dan memenuhi peraturan jaminan mutu. Keunggulan dalam pengajaran, riset, fasilitas dan layanan dukungan dapat ditemukan di dalam sistem pendidikan dan pelatihan yang beragam. Calon siswa harus memusatkan perhatian pada usaha untuk mencari lembaga pendidikan yang menawarkan program studi yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan khusus mereka.

Apakah ada layanan bantuan khusus untuk siswa internasional?

Ya. Australia merupakan pemimpin internasional dalam hal perlindungan dan layanan bantuan bagi siswa internasional.

Apa yang bisa saya kerjakan di waktu senggang?

Banyak. Lembaga pendidikan menawarkan akses terhadap beraneka ragam kegiatan ekstra kurikuler, baik di kampus maupun di dalam masyarakat. Kegiatan-kegiatan ini meliputi musik, konser, drama, olahraga dan aktivitas luar-ruang. Berbagai kegiatan sosial yang beragam juga diselenggarakan oleh masing-masing lembaga pendidikan. Di masa liburan semester, anda dapat bepergian jauh untuk mendapatkan pengalaman lebih tentang keindahan alam Australia Barat yang tersohor dan spektakuler.

Apakah saya perlu membawa uang tunai Australia?

Anda sebaiknya menukarkan uang anda dengan Dollar Australia. Cek wisata diterima di kebanyakan kota besar dan terdapat fasilitas bank otomatis yang menerima kartu kredit terkemuka

Apakah saya bisa menggunakan SIM saya di AB?

Tidak. Anda dapat menggunakan SIM anda untuk mengajukan permohonan SIM Australia. Atau anda juga bisa mengajukan permohonan SIM internasional yang berlaku satu tahun di negara asal anda.

Apakah pekerjaan paruh-waktu saya cukup untuk memenuhi kebutuhan saya?

Jika anda bermaksud untuk bekerja dalam masa studi anda maka uang yang anda peroleh dari bekerja di Australia hanya bisa menambah penghasilan anda dan bukan menjadi sumber penghasilan utama anda. Anda hanya bisa mengajukan permohonan visa siswa baru dengan hak untuk bekerja setelah anda tiba di Australia dan telah memulai studi. Anda hanya diperbolehkan untuk bekerja dengan jumlah jam yang terbatas. Oleh karena itu anda sebaiknya tidak mengharapkan agar penghasilan anda bisa memenuhi biaya hidup atau biaya pendidikan anda.

Berapa uang yang akan saya peroleh dengan bekerja paruh-waktu?

Tarif upah per jam bervariasi tergantung pada usia anda, jenis pekerjaan yang anda lakukan dan dapat bervariasi antara $8 dan $22 per jam.

Source: doir.wa.gov.au

Agustus 2, 2008 - Posted by | BEASISWA, luar negeri

4 Komentar »

  1. Mohon informasi tentang beasiswa s3 bidang studi sistem informasi manajemen kesehatan di Australia.

    Komentar oleh Abdul Malik | Januari 25, 2009

  2. ada info tentang beasiswa s2 bidang lingkungan nggak?
    mohon infonya dong.trims

    Komentar oleh bahendra | April 26, 2009

  3. mohon info beasiswa s3 hukum,trim banyak

    Komentar oleh arifudin | Oktober 19, 2009

  4. Apakah ada beasiswa untuk program pascasarjana (s1) kedokteran umum di australia? Bila tidak ada apakan ada program yg bisa menjembatani agar sy bs melanjutkan kuliah s2 sesuai dengan bidang sy?

    Komentar oleh sulistyowati | Juni 16, 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: