Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

IAIN-UIN Beasiswa Mahasiswa Miskin

IAIN-UIN se-Indonesia Siapkan Beasiswa Mahasiswa Miskin

Surabaya (ANTARA News) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Universitas Islam Negeri (UIN) se-Indonesia sepakat untuk menyiapkan dana rutin bagi beasiswa untuk mahasiswa miskin berprestasi sebesar Rp1,8 juta per tahun.

“Itu merupakan hasil kesepakatan dari pertemuan 17 Pembantu Rektor (PR) II (bidang Administrasi Umum) IAIN-UIN se-Indonesia di Surabaya pada 13-14 Juni lalu,” ujar Pembantu Rektor II IAIN Sunan Ampel Surabaya, Prof Dr Nur Syam Msi, di Surabaya, Sabtu.

Menurut ketua penyelenggara pertemuan PR II IAIN dan UIN se-Indonesia itu, jumlah mahasiswa miskin di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) se-Indonesia yang akan mendapatkan beasiswa tercatat 48.900 orang.

“Jumlah itu akan mencapai 24-30 persen dari jumlah mahasiswa PTAIN se-Indonesia, tapi di IAIN Sunan Ampel Surabaya akan ada sekitar 20 persen dari total mahasiswa yang akan menerima bantuan beasiswa tersebut,” tegasnya.

Ia menjelaskan beasiswa yang akan diberikan dalam bentuk pembayaran SPP, praktikum, dan buku referensi itu sesuai dengan surat MoU (Memorandum Of Understanding) antara Depag RI, Depdiknas, Depkeu, dan Bappenas dalam program prioritas pendidikan bagi mahasiswa miskin.

“Kami sendiri sepakat memberikan beasiswa mahasiswa miskin itu khusus bagi mahasiswa miskin yang berprestasi. Parameternya, Indek Prestasi Komulatif (IPK), mahasiswa yang aktif dalam kegiatan akademik, olahraga, seni, dan organisasi sosial kemasyarakatan,” ucapnya.

Beasiswa itu, katanya, akan diambilkan dari APBN sehingga sifatnya akan tahunan. “Karena itu, mahasiswa yang mampu mempertahankan prestasi akan menerimanya setiap tahun sesuai dengan hasil evaluasi prestasi,” ungkapnya.

Bagi para pembantu Rektor UIN dan IAIN se-Indonesia, katanya, diharapkan melakukan pendataan secara akurat tentang mahasiswa miskin agar tak menimbulkan dampak negatif bagi mahasiswa secara keseluruhan.

“Apalagi, jumlah penerima bantuan beasiswa miskin itu mencapai 48.900 orang yang merupakan jumlah yang besar dan memungkinkan untuk direvisi sesuai dengan data di masing-masing perguruan tinggi.

Ia menambahkan besaran beasiswa yang akan diterima adalah SPP yang dibayarkan mulai dari Rp300.000 sampai Rp600.000 per-semester (tergantung IAIN/UIN yang bersangkutan), sumbangan praktikum antara Rp200.000 hingga Rp400.000, dan bantuan buku referensi yang dibutuhkan.

“Setiap mahasiswa miskin akan menerima bantuan beasiswa berkisar Rp1.800.000 dengan perhitungan SPP sebesar Rp1.200.000 per-tahun, biaya praktikum Rp400.000 per-tahun, dan bantuan buku referensi Rp200.000,” katanya.(*)

Juli 28, 2008 - Posted by | beasiswa s1, dalam negeri

10 Komentar »

  1. KAPAN BISA DAFTAR BEASISWA IN DAN APA SAJA PERSYARATAN YANG HARUS DIPERSIAPKAN

    Komentar oleh ROHAMA | Oktober 31, 2010

  2. aku berharap bisa dapat melanjutkan kuliyah s2, mohon informasinya.

    Komentar oleh ibnu aly | Januari 19, 2011

  3. mohon beri tahu mulai kapan beasiswa ini mulai di berlakukan, apakah pada tahun ajaran baru 2011-2012….??? saya sangat ingin melanjutkan pendidikan Magister, apalagi di UIN Malang. mohon beritahukan segera ya informasi tentang perkembangan beasiswa ini.

    Komentar oleh Safran Hasibuan S.Pd.I | Februari 2, 2011

  4. mohon beri tahu mulai kapan beasiswa ini mulai di berlakukan, apakah pada tahun ajaran baru 2011-2012….??? saya sangat ingin melanjutkan pendidikan Magister, apalagi di UIN Malang. mohon beritahukan segera ya informasi tentang perkembangan beasiswa ini.

    Komentar oleh Safran Hasibuan S.Pd.I | Februari 2, 2011

  5. infonya kurang jelas. usulan saja, jika memang disediakan beasiswa mohon info dan formulirnya
    terima kasih

    Komentar oleh Akhmad Bashori | Februari 21, 2011

  6. BANTUAN ITU BAGUS, NAMUN SEBETULNYA INDONESIA INI SUDAH BISA MEMBIAYAI PENDIDIKAN MASYARAKATNYA MINIMAL WAJAR 12 TAHUN TANPA BIAYA, ASAL MASYARAKAT INDONESIA INI MAU SEDIKIT MENGERTI AKAN ARTI BERBAGI MEMBATASI DIRI DENGAN KEKAYAAN YANG BERLEBIHAN, HIDUP SEDERHANA. BANYAK KELUARGA DI INDONESIA INI KAYA PLUS RAYA, SATU KELUARGA ADA YANG HANYA 4 ORANG 5 ORANG NAMUN SEKALI MAKAN AJA JUTAAN RUPIAH, ERONISNYA YANG JAUH DISANA KAMPUNG MAU NIKMATI MAKAN LAYAK AJA SULIT….. SEHARI KETEMU DUA HARI TAK JUMPA,… ATAU ADA YANG BERFIKIR BAHWA HARTAMU AKAN MENGENYANGKAN KITA DI ALAM KUBUR DIKALA KITATUTUP USIA…..AKU SETUJU DENGAN BIASISWA, UNTUK BERBAGI RASA. SUDAHKAH KITA AMALKAN PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI…..

    Komentar oleh zul qurnain | Maret 7, 2011

  7. Program yg bagus..tlong info lbh lanjut bagi temen2 yg sdh lebih dulu mengetahui info lbh lengkap ke Email saya ya,,mksh..

    Komentar oleh Madiyansyah, S.Sos.I | April 16, 2011

  8. saya mau tanya kepada pihak kemahasiswaan, mengenai kapan pencairan biasiswa supersemar??//
    karena di perguruan tinggi lainnya…sudsah ada yang cair.
    kenapa IAIN sunan AMpel belum mencairkan Biasiswanya super semar????

    Komentar oleh hobier | Agustus 9, 2011

  9. saya mau tanya kepada pihak kemahasiswaan, mengenai kapan pencairan biasiswa supersemar??//
    karena di perguruan tinggi lainnya…sudsah ada yang cair.
    kenapa IAIN sunan AMpel belum mencairkan Biasiswanya super semar???? mohin tanggapannya…..

    Komentar oleh hobier | Agustus 9, 2011

  10. SAYA BUTUH BEASISWA… TOLONG INFO LENGKAPNYA….

    Komentar oleh WISTRIANI | Desember 13, 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: