Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

BEASISWA S2 Pemerintah Spanyol

INFORMASI STUDI LANJUT S-2 AKUNTANSI/MANAJEMEN
BEASISWA BECAS MAEC-AECI (Pemerintah Spanyol)
UNIVERSIDAD AUTONOMA DE MADRID
Informasi ini dimaksudkan untuk memberitahukan kepada para peminat atau mahasiswa tahun terakhir tentang kesempatan untuk melanjutkan S-2 di universitas-univesitas di Spanyol dengan beasiswa pemerintah Spanyol yang dikenal dengan nama BECAS MAEC-AECI.
Informasi umum:
• Periode pendaftaran: November – Desember setiap tahunnya
• Periode pengumuman: Juni setiap tahunnya
• Periode dimulainya beasiswa/kuliah: September setiap tahunnya
• Proses pendaftaran: mengisi langsung di website http://www.becasmae.es
Proses pengisian pendaftaran beasiswa ini, walaupun semua instruksinya dalam bahasa Spanyol, namun cukup mudah dimengerti dan dilakukan.
Peluang mendapatkan beasiswa pemerintah Spanyol untuk studi lanjut S-2 di Spanyol ini cukup besar, berdasarkan beberapa alasan:
1. Tidak cukup banyak orang yang bisa/sanggup berbahasa Spanyol.
2. Belum banyak orang yang mengetahui kesempatan ini.
3. Sedikit kalangan civitas akademika yang tahu dan berminat untuk mendaftar.
4. Besarnya upaya pemerintah Spanyol menjalin kerjasama dengan negara-negara lainnya, khususnya dalam memperluas bahasa dan kebudayaan Spanyol dalam bentuk kerjasama pendidikan (pemberian beasiswa).
Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya selama setahun terakhir ini, kesempatan untuk masyarakat Indonesia untuk bisa mendapatkan beasiswa ini sangat besar. Karena rata-rata yang mendapatkan kesempatan beasiswa adalah para mahasiswa dan dosen, yang datangnya dari berbagai negara yang selama ini telah mengenal Spanyol, seperti negara-negara Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika dan Indochina (Kamboja, Vietnam, Laos) dan China. Hal ini berarti terbuka juga kesempatan bagi para mahasiswa dan masyarakat Indonesia untuk studi lanjut di Spanyol.
Sebagai contoh, jurusan Manajemen yang ada, khususnya di Universidad Autonoma de Madrid, menawarkan berbagai bidang keilmuan Manajemen yang dapat diikuti, seperti:
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
2. Manajemen Pemasaran (Jasa dan Turisme)
3. Manajemen Ekonomi Dunia Baru (Nueva Mundial)
4. Manajemen Ekonomi Eropa
5. Manajemen Keuangan Perusahaan (Finanzas de Empresa)
6. Manajemen Umum (MBA/Master of Business Administration)
7. Manajemen Perbankan dan Bursa
8. Manajemen Regional Internasional (kerjasama dengan universitas di Belanda dan universitas di Malaysia)
Dan perlu juga diketahui, 90% materi kuliah (artikel dan buku teks) yang ada adalah dalam bahasa Inggris, yang dalam penyampaian kuliah tutorial memang banyak dalam bahasa Spanyol, kecuali untuk beberapa mata kuliah tertentu yang bertopik internasional. Berbagai universitas lainnya di Spanyol juga menawarkan beragam bidang yang menarik untuk studi lanjut.
Bilamana ada peminat atau mahasiswa tahun terakhir yang betul-betul berminat studi lanjut S-2 di Spanyol, khususnya di Universidad Autonoma de Madrid, ada beberapa hal yang dapat saya lakukan untuk membantu “yang moga-moga” bisa “makin meyakinkan” pemerintah Spanyol memilih Anda sebagai penerima beasiswa, yaitu:
1. Menghubungi direktur departemen bidang manajemen yang Anda minati, untuk mempresentasikan “prestasi akademik” Anda, memungkinkan kontak langsung Anda dengan direktur departemen yang diminati, mendapatkan “pre-admission letter” dan bila memungkinkan “rekomendasi” bagi Anda untuk disertakan dalam proses pendaftaran beasiswa ini.
2. Menghubungi kantor hubungan internasional (oficina de relaciones internacionales) Universidad Autonoma de Madrid – UAM, untuk nantinya membantu pula Anda untuk dapat dipilih sebagai penerima beasiswa ini.
Untuk studi lanjut di Spanyol, dengan besar uang beasiswa yang diterima, dirasa cukup (bahkan mungkin berlebih), dengan alasan sebagai berikut:
Uang beasiswa yang diterima dari Pemerintah Spanyol per bulannya
€ 1200
Biaya sewa apartemen perbulan (rata-rata)
€350
Biaya transportasi per bulan (rata-rata)
€50
Biaya makan per bulan (rata-rata)
€300
Biaya kebersihan diri (sabun, shampo dll)
€25
Biaya lain-lain (internet, alat tulis, cetak dll)
€75
Sisa
€400
Normalnya, masih dapat ditabung untuk kondisi tak terduga sekitar €200, sehingga relatif uang beasiswa yang diterima tidak akan “mengganggu” konsentrasi belajar. Hitungan di atas adalah hitungan hidup di Madrid dan Barcelona, yang akan jauh lebih murah apabila studi di kota-kota yang lebih kecil, seperti Salamanca, Oviedo, Granada, Valencia, Alicante, Valladolid, Santander, Murcia, Sevilla.
Gambaran di atas diberikan dengan harapan Anda dapat lebih mendapatkan informasi yang lebih jelas dan dapat lebih termotivasi untuk ikut. Mempelajari bahasa Spanyol juga bukanlah hal yang sulit. Terlebih bagi mahasiswa yang tidak “berbahasa ibu” bahasa Spanyol, di Universidad Autonoma de Madrid (UAM), diberikan kuliah non-kredit gratis selama setahun untuk belajar bahasa Spanyol di kampus. Kita pun dapat mengikuti kelas bahasa Spanyol bagi orang asing yang diberikan pemerintah Spanyol di sekolah-sekolah milik pemerintah secara gratis. Contohnya saya mengikuti 2 kelas bahasa Spanyol untuk makin memperlancar kemampuan dalam bahasa Spanyol, yaitu satu di kampus dan satu lagi di sekolah milik pemerintah dekat apartemen. Dan yang membuat percaya diri mengikuti kelas bahasa Spanyol tersebut adalah belajar bersama dengan mahasiswa-mahasiswa Jerman, Itali, Belanda, Inggris, Cekoslowakia, Perancis, dan banyak negara Eropa lainnya yang ternyata “juga tidak bisa bahasa Spanyol” dan seringkali “bahasa Inggris-nya” lebih payah dari kita orang Indonesia.
Bilamana memang Anda betul-betul berminat mempelajari bahasa Spanyol, Anda dapat mencari beberapa buku pelajaran bahasa Spanyol dengan pengantar bahasa Inggris yang mudah dipelajari di beberapa toko buku besar seperti Gramedia, QB, atau Kinokuniya. Selain buku-buku tersebut, Anda dapat pula mengakses situs belajar bahasa Spanyol di http://www.studyspanish.com yang memberikan cara dan materi belajar bahasa Spanyol dengan mudah.
Untuk belajar langsung bahasa Spanyol di Yogyakarta, Anda dapat mendaftarkan diri di Pusat Bahasa Universitas Atmajaya di kampus UAJY Mrican-Demangan. Dan untuk meningkatkan
kemampuan “listening” bahasa Spanyol, dapat membeli antena parabola seharga Rp1,5 juta (setara dengan harga HP kelas menengah saat ini di Indonesia), guna mendapatkan siaran TVE (TV España). Ketika saya belajar bahasa Spanyol di Yogya sebelum berangkat, saya memesannya di OX Parabola (Jl. HOS Cokroaminoto). Saya rasa ada tempat-tempat lainnya yang dapat memberikan harga lebih murah.
Demikian informasi yang coba saya berikan pada Anda sebagai peminat atau mahasiswa tahun terakhir saya berharap informasi ini dapat bermanfaat dan mendorong Anda mengambil kesempatan studi lanjut S-2 di Spanyol yang terbuka lebar saat ini.
Hormat saya,
Ari Warokka
Koordinator PPMIS
Perhimpunan Pelajar/Mahasiswa Indonesia di Spanyol
Plaza de Concurbion No. 10 3° Letra 2 (Barrio del Pilar)
Madrid 28029
Telefono movile:
+34 636 61 4485
+34 666 00 9704
e-mail:
ari_warokka@yahoo.com
ari_warokka@excite.com

Juli 28, 2008 - Posted by | beasiswa s2, luar negeri

6 Komentar »

  1. Saya sangat tertarik kuliah di spanyol. Background saya S1 Teknik Informatika, saat ini saya bekerja di Jakarta. Apa persyaratan bagi calon penerima beasiswa S2 ini?
    Apa mereka menerima yang bukan fresh graduate? Mohon informasinya

    Terima kasih

    Komentar oleh Agustina | Juli 29, 2008

  2. Info anda benar-benar mambangkitkan semangat saya..Saya mahasiswa S1 dr jurusan bahasa asing (Sastra Jerman) dan sedang menempuh tahun terakhir masa kuliah..Sy brncana melanjutkan S2 di Jerman (dengan beasiswa tentunya) jurusan Germanistik..Tetapi persyaratannya sangat berat..Adakah universitas di Spanyol yg mnawarkan jurusan Gemanistik?

    Terima kasih

    Komentar oleh Findi | September 2, 2009

  3. nanya nich, saya mahasiswa

    Komentar oleh puteri | Oktober 13, 2009

  4. nanya nich, saya alumni pendidikan bahasa asing prodi prancis, studi klanjut yang sesuai dengan latar belakang pendidikan saya di spanyol apa yach, universitanya, n kapan beasiswa kesana. tanks ya.

    Komentar oleh puteri | Oktober 13, 2009

  5. Terima kasih atas info yang anda berikan, membuat saya bersemangat untuk belajar. Mohon informasinya untuk beasiswa pendidikan s2 atau s3nya dari bidang keilmuan teknologi dan informasi di spanyol, dan bagaimana syaratnya karena saya sekarang adalah dosen perguruan tinggi swasta di jakarta, pada fakultas ilmu komputer,

    terima kasih

    Komentar oleh ari | Desember 3, 2009

  6. Fantastico amigo, quiero mas de esto.
    Me encanta mucho mas uno de estos aparatos que cualquier chica.

    Komentar oleh santa | Agustus 20, 2014


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: