Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Beasiswa DIKTI dan permasalahannya

Rekans,

perkenlakan,sy tiena. alhamd sy mendapatkan beasiswa DIKTI untuk bacth
3, 2008 (ada juga yang thn 2009 dalam pengumuman tsb). dengan
univ.tujuan flinders univ dengan enrolment (seharusnya) bulan juli 28,
ini.

saya ingin menanyakan apakah memang kebijakan dari DIKTI itu yang 2008
itu berarti harus berangkat tahun itu juga atau bagaimana?atau tahun
anggaran pembiayaan beasiswa tersebut, dan penerima, misalnya saya,
dapat berangkat pada enrolment semester ke-2 (februari-an)
soalnya seperti saya, payment date univ.ybs telah lewat, kemudian
belum lagi permasalahan administrasi (pasport dinas, visa dll) yang
saya rasa belum siap pada waktunya (walaupun proses tersebut sedang
berjalan, tapi ragu untuk bisa tepat waktu deh)

Terus kalaupun memang terlambat apakah akan sangat berpengaruh
terhadap riset yang akan dilakukan nantinya, soalnya supervisor saya
mengatakan ga ada masalah kalau dari Beliau-nya sendiri.

mohon pencerahan dari rekan-rekan yang lain.

terima kasih

tiena

JAWAB

Salam,

Ketulan saya juga mendapat beasiswa DIKTI tahap 3 dengan
keberangkatan 2008. Permasalahan mba tiena jg ditanyakan oleh teman-
teman yang harusnya berangkat bulan juli 2008. Menurut penjelasan
yang diberikan oleh DIKTI, jika kita ingin postpond (berangkat 2009)
maka mba tiena akan di letakkan dibelakang teman2 yang dijadwalkan
berangkat 2009, alias antri lagi dari barisan paling belakang.

Di univ yang saya tuju, kebetulan tidak ada keterikatan waktu kapan
harus masuk dan mulai riset untuk program PhD, demikian halnya dengan
Prof, jadi saat ini saya masih mengurus semua kelengkapan
keberangkatan agar bisa bergabung bulan sept atau okt. Saran saya,
sebaiknya konsultasikan kembali masalah ini dengan supervisor mba
tiena. Karena beliaulah ujung tombak mba tiena di sana saat ini.

Mengenai permasalahan administrasi dan kelengkapan, sebelumnya saya
jg mengalami kendala, dari univ sudah meminta semua data kelengkapan
untuk admission, pengurusan visa dan MVV, tapi pasport dinas dari
DIKTI belum jadi. Setelah di konsultasikan kepada DIKTI, jika pasport
dinas tidak bisa dipercepat pengurusannya, maka dengan sangat
terpaksa saya dapat menggunakan pasport hijau dulu untuk
keberangkatan kali ini(kebetulan sudah ada).

Demikian, mudah-mudahan info ini dapat membantu

Terima kasih

Mutia

salam,

saya juga mendapatkan beasiswa dikti batch 1 untuk australia. krn pada
awalnya diberitahukan bahwa beasiswa akan cair bulan agustus 2008, sementara
kuliah dimulai juni (sepengetahuan saya, semesteran diaustralia dimulai tiap
juni dan januari), maka saya pikir tidak bisa berangkat tahun 2008. Saya
lalu memberitahukan ke dikti kalau saya akan ikut di semester berikut,
januari 2009, setelah beasiswanya saya pegang. Ternyata, belakangan saya
diberitahu, bahwa nama saya tidak diikutkan pada anggaran 2008, karena
anggaran cair setiap agustus. Bila saya akan ikut 2009, berarti otomatis
diikutkan pada anggaran 2009, dan dikti (Ibu Istri) usulkan untuk berangkat
Juni 2009, karena anggaran baru turun agustus.

pada bulan agustus, memang waktu pembayaran sudah lewat, masa orientasi juga
bgt. Beberapa teman dari UGM yang juga lulus batch 1 dan akan berangkat 2008
ini, ditalangi dulu oleh universitas untuk semua pembiayaan yang dikeluarkan
sebelum dana beasiswa cair. Jadi sebenarnya bisa juga sih berangkat sebelum
anggaran cair (Juni untuk enroll semester awal, kalo january/februari,
terlalu jauh), asalkan ada modal awal, baik modal pribadi maupun dari
institusi. setelah dana turun, uangnya tergantikan. sayangnya, tidak semua
universitas mau menalangi.

Kalau soal enrol yang terlambat, u S3 kata teman2 saya di australua tidak
masalah. karena mahasiswa S3 bisa mulai kapan saja. paling-paling tidak ikut
masa orientasi. tapi kalau u S2, saya kurang tahu.

semoga berguna

ear Mba Tinidra

Saya desry,penerima beasiswa dikti batch 3 dari UI ke Griffith uni,Queensland.
yang saya tahu dapat informasi dari UI, kalo kita dapet dananya utk 2008 berarti
kita memang harus berangkat tahun ini juga. kalo tidak mba akan di alihkan ke 2009
tapi mba masuk dalam daftar waiting list, karena yg akan di prioritaskan utk berangkat
adalah yg mendapatkan dana utk 2009 baru yg sisa th 2008.

karena hal ini pula ada beberapa teman ku yg terpaksa pinjem duit sana sini
supaya bisa berangkat tahun ini juga karena takut masuk daftar waiting list.

waktu itu teman2 ku yang punya masalah kayak mba, disarankan oleh UI utk ambil
special program atau apa aja yg penting berangkat dulu supaya dana bisa keluar
daripada dana di alihkan ke tahun 2009 atau Universitas nalangin dulu supaya bisa
berangkat.

tapi utk kepastiannya lebih baik tanyakan universitas atau dikti sekalian Mba.

Desry

Juli 26, 2008 - Posted by | BEASISWA, beasiswa s1, beasiswa s2, dalam negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

