Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Apa itu Program Sandwich

TANYA

Dear All.
Saat ini saya kuliah di Sosiologi UGM. Pihak donor yang memberikan beasiswa mengkover biaya sandwich selama sembilan bulan di negara Eropa atau Amerika selama masa studi saya.
Saya ingin menggunakan kesempatan tersebut untuk pengayaan diri dalam menulis disertasi.
Berkaitan dengan sandwich, saya membutuhkan beberapa info:
1. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan program sandwich ini?
2. Bagaimana peran profesor di negera tujuan?
3. Jika ada teman yang punya penglaman, apa yang harus saya siapkan untuk program ini?
4. Mana yang efisien saya tempuh (beasiswa hanya tiga tahun, saya angkatan 2007), sandwich duluan baru penelitian, ataukah sebaliknya penelitian dulu baru sandwich.
Demikian, semoga ada teman yang berkenan memberikan info pada saya. terima kasih.

salam

Ida Azuz

JAWAB

Dear Ida,
saya sering denger juga dulu beberapa dosen saya di FK UGM ambil program sandwich. Yang saya tau (mohon maaf kalo ternyata kurang tepat) program sandwich tuh program yg membolehkan mhsw utk melakukan studi di negara asalnya.
Dulu ada dosen saya yg sandwich di Umea (Swedia), beliau dateng ke Swedia cuma 3-6 bulan utk ambil course tertentu (yg sudah dikonsultasikan dengan pembimbingnya), selebihnya beliau pulang ke Indonesia dan melakukan risetnya di sini.
Ada juga yg sandwich dengan sebuah univ di Belanda, beliau malah pergi ke Belanda cuma 2 kali, ketika awal masa studi dan ketika ujian.
Sebatas pengetahuan saya juga, komunikasi dengan pembimbing biasanya sih via e-mail. Kadang bahkan ada yg pembimbingnya mau berkunjung ke tempat (universitas asal) kita, terutama kalau hubungan antar institusi (atau universitas) sudah sangat baik.
Untuk pertanyaan-pertanyaan lain, mohon maaf saya tidak punya cukup informasi.
semoga bisa membantu dan Sukses!!!

Salam,
dewi

Dear mba Ida,

Saya tidak tahu ini tepat atau tidak tapi saya pernah bertanya ke mahasiswa PhD Sandwich program tentang apa sih sebenarnya progmram ini..Menurut dia, sandwich ini berkaitan dengan masalah pembiayaan. Artinya pembiayaan akan di tanggung oleh 2 institusi (atau lebih??), institusi asal Mba Ida dan Insitusi pemberi beasiswa dari luar. Jadi, ketika Mba Ida berada di Indonesia, risetnya akan dibiayai oleh insitusi Mba Ida (kalo Mba Ida dosen, dalam hal ini akan ditanggung oleh kampus), nah saat mba Ida ke luar biayanya akan ditanggung oleh universitas pemberi beasiswa..

Cheers,
Alf

Juli 26, 2008 - Posted by | BEASISWA, Info

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

