Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Seputar beasiswa Pusbindiklatren Bappenas

Teman-teman,
Kaitannya dengan informasi beasiswa Bappenas, ada
baiknya sblm kawan2x mendaftar dan menyiapkan dokumen2x yang
dibutuhkan, terlebih dahulu dicari informasi (mgkn telp lgsg ke
Pusbindiklatren paling bagus) mengenai program yang ditawarkan,
terutama program S2 LN.

Saya akan berbagi pengalaman saya,
Saya
melamar program beasiswa Pusbindiklatren Bappenas thn 2007. Bagi
teman-teman yang sudah pernah liat form pendaftarannya mngkin tahu
bahwa kita dipersilahkan memilih beberapa program dengan urutan
prioritas sesuai yang diinginkan pelamar. (Dalam Negeri (DN), Double
Degree (DD) dan Luar Negeri (LN)). Karena program DN dan DD tersebut
sudah ditentukan oleh Bappenas Univ dan Fakultas/Jurusan/Bidang Studi
-nya, maka saya pilih S2 LN (karena kebetulan sluruh program yang
ditawarkan di DN dan DD tdk sesuai dengan latar belakang pendidikan dan
pekerjaan saya skrg).

Saya lulus semua tahap dari Bappenas..,

Awalnya
saya berpikir program Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas untuk yang LN
ini seperti di ADS ato mgkn Fulbright, yang pada prinsipnya kita
seleksi beasiswa dl baru kemudian univ nya, ato mungkin berbarengan,
yang pasti tidak seperti Netherlands (kita harus cari univ dulu sndr).
Kecurigaan mulai timbul saat proses sudah berjalan cukup panjang,
berbulan-bulan, dan saya “lulus setiap tahap seleksi”, tapi msh blm
jelas saya bakal kuliah dimana (negara dan Univ nya), dan yang lebih
parah lagi, saya sama sekali tidak diarahkan/diberi pengarahan untuk
itu. Setelah mencari info ke Pusbin langsung, dan debat yang ckup
“hangat”, ternyata saya mendapat info yang sangat berharga, yaitu untuk
program LN, Bappenas menggunakan pendanaan “murni” dari ADS (bagi yang mo ke Aussie), StuNed/Neso (bagi yang mo ke blanda), M’busho (bagi yang mo ke Jepang), dan apaa gt saya lupa (bagi yang mo ke Perancis). Jadi, setelah lulus semua seleksi di Bappenas, masih ada seleksi lain, dan BUKAN seleksi dalam mncari university…

Pertanyaan berikut nya : apakah saya harus seleksi lagi di StuNed (misalkan saya berminat ke Blanda)?? Jawaban nya YA, dan klo saya gagal
di tahap ini oleh Neso, maka saya GAGAL berangkat untuk sekolah di
LN,dan akan “disalurkan” di program DN yang dianggap sesuai oleh Bappenas. (??)

Kesimpulan
: kalau sudah dinyatakan lulus/diterima di program Beasiswa
Pusbindiklatren Bappenas untuk S2 Luar Negeri, maka anda BELUM TENTU
bakal kuliah di luar negeri. Kita turut prihatin, terutama melihat
teman-teman yang dari daerah-daerah terutama luar Jawa, ikut EAP di
jakarta, ternyata sampai di Jakarta dikasi “info” bahwa mereka BELUM
TENTU kuliah di luar negeri, dan selama ini tidak ada sosialisasi dr
Bappenas terkait masalah ini.

Hal ini perlu kita kritisi, agar tidak terjadi
salah “kaprah” terhadap pengumuman beasiswa Bappenas tsb, karena
sesungguhnya, Bappenas itu bukan menyediakan beasiswa untuk sekolah di
LN, tp beasiswa untuk Les English!!!
Salam,
Leo Eliasta Sembiring
Pusat Litbang Sumber Daya Air
Departemen Pekerjaan Umum
Jl.Ir.H.Juanda 193 Bandung
Indonesia – 40135
Tel : +62 22 2501083
Fax : +62 22 2500163

Juli 25, 2008 - Posted by | BEASISWA, beasiswa s2, beasiswa s3, luar negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

