Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Pinjaman untuk siswa berprestasi

Pinjaman untuk siswa berprestasi

Jakarta Post (17/01/07): Mahasiswa yang menunjukkan potensi, tapi terhambat dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi oleh masalah keuangan kini dapat mengajukan pinjaman untuk mahasiswa. Program ini diluncurkan Senin kemarin oleh Sampoerna Foundation bekerjasama dengan Bank International Indonesia (BII) dan International Finance Corporation.

Empat perguruan tingi telah menanda-tangani perjanjian untukberaprtisipasi dalam program ini, yaitu: Prasetiya Mulya, MM UI. Universitas Bina Nusantara dan IPMI.

Mahasiswa di beberapa universitas, antara lain ITB, UGM, IPB, Unika Atmajaya, Universitas Trisakti dan Pelita Harapan juga dapat mengajukan pinjaman.

Eddy Henry, direktur program dan divisi alumni dari yayasan mengatakan bahwa pinjaman hanya diberikan pada mahasiswa yang tidak memperoleh beasiswa namun memiliki prestasi akademik yang bagus.

“Program beasiswa biasanya diperuntukan bagi siswa berprestasi yang tidak dapat melanjutkan sekolah karena mereka berasal dari keluarga miskin. Sedangkan program ini ditujukan untuk mereka yang berasal dari keluarga dengan pendapatan menengah yang menghadapi kesulitan untukmenyekolahkan anak mereka,” katanya.

BII akan memberikan pinjaman yang besarnya berkisar antara Rp 10 juta dan Rp 100 juta dengan tingkat bunga sebesar 12,9 persen, yang harus dilunasi dalam waktu 36 bulan atau sebelum siswa lulus.

Pinjaman untuk mahasiswa S1 dapai digunakan untuk menutupi biaya pendaftaran dan administrasi, serta uang kuliah, sedangkan siswa pasca-sarjana dapat memperoleh pinjaman untuk menutupi biaya kuliah hingga mereka lulus.

Mahasiswa yang berminat untuk memperoleh pinjaman dapat mengisi formulir aplikasi di semua cabang BII di seluruh Indonesia. Pihak yayasan dan perguruan tinggi akan mempelajari aplikasi.

Manurut data di Depdiknas, kurang dari 4% penduduk Indonesia dapat meneruskan pendidikan di perguruan tinggi.

Program pinjaman mahasiswa ini telah ditawarkan di berbagai negara, termasuk di negara tetangga Australia dan Malaysia.(JP/04)

Juli 25, 2008 - Posted by | BEASISWA, dalam negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: