Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Pelajar SLTA di Provinsi Riau Menerima Darmasiswa Caltex Riau

60 Pelajar SLTA di Provinsi Riau Menerima Darmasiswa Caltex Riau 2005
Dikirim Oleh: Developer pada 15 Februari 2007 5:21:29 PM
PEKANBARU (Riau Online): Sebanyak 60 orang pelajar kelas 3 SLTA yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Propinsi Riau menerima beasiswa Darmasiswa Caltex Riau (DCR) 2005 dari PT. Caltex Pacific Indonesia (CPI) dan BPMIGAS, hari ini (18/3) di Gedung Daerah, Propinsi Riau.

PEKANBARU (Riau Online): Sebanyak 60 orang pelajar kelas 3 SLTA yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Propinsi Riau menerima beasiswa Darmasiswa Caltex Riau (DCR) 2005 dari PT. Caltex Pacific Indonesia (CPI) dan BPMIGAS, hari ini (18/3) di Gedung Daerah, Propinsi Riau. DCR diserahkan oleh Gubernur Riau, H.M. Rusli Zainal bersama Presiden Direktur CPI, W. Yudiana Ardiwinata.

Gubernur Riau Rusli Zainal pada sambutannya menyatakan sangat gembira dengan konsistensi CPI dalam mendukung pengembangan pendidikan di Riau. Rusli Zainal juga berpesan agar para penerima DCR belajar dengan tekun dan mulai memikirkan bagaimana kelak dapat berkontribusi bagi kemajuan daerahnya.

Sementara itu, Presiden Direktur CPI, W. Yudiana Ardiwinata mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan Gubernur Riau terhadap program DCR. Yudiana juga menyampaikan bahwa CPI telah berpartisipasi pada program peningkatan pendidikan masyarakat Riau sejak tahun 1950-an dengan membangun SMA pertama di Pekanbaru, yang sekarang menjadi SMAN 1.

DCR bertujuan mendukung pendidikan tinggi siswa-siswi terpilih lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SMU/SMK/MA) yang ada di Kabupaten/Kota di Propinsi Riau, dengan memberikan beasiswa pendidikan selama mereka belajar di Perguruan Tinggi di Indonesia. Program DCR pertama kali diluncurkan tahun 2001, dan tahun ini memasuki tahun ke lima penyelenggaraannya.

Saat ini terdapat total 238 orang (angkatan ke-1 s/d 4) penerima DCR yang sedang belajar di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia seperti UNRI, UI, ITB, IPB, UGM, PCR, dan lainnya, ditambah 60 orang angkatan ke-5 tahun 2005 yang akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. CPI dan BPMIGAS menyalurkan beasiswa sebesar lebih Rp 5,1 milliar untuk para penerima DCR itu sejak diluncurkan hingga angkatan ke-5 tahun 2005 ini.

Proses seleksi penerima DCR dilakukan CPI bekerjasama dengan Keluarga Melayu Riau CPI (KEMARI-CPI) dan jajaran Dinas Pendidikan Propinsi dan Kabupaten/Kota. Proses seleksi dimulai dari tingkat sekolah yang dilakukan oleh para guru bersama pimpinan sekolah.

Kemudian sekolah mendaftarkan calon-calonnya ke kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang akan melakukan seleksi umum untuk menjaring sejumlah calon sesuai kuota masing-masing daerah. Pelajar yang lulus tes di tingkat kabupaten/kota dikirim untuk mengikuti tes tertulis dan wawancara di CPI, guna menentukan urutan pemenang DCR.

Berdasarkan hasil tes, penerima DCR dibagi ke dalam 5 peringkat. Peringkat I (nilai tertinggi) hingga peringkat III masing-masing menerima beasiswa sebesar Rp 7,5 juta setiap tahun selama 4 tahun. Peringkat IV menerima beasiswa sebesar Rp 7,5 juta setiap tahun selama 3 tahun, dan peringkat V menerima beasiswa sebesar Rp 4 juta setiap tahun selama 3 tahun. Untuk peringkat I (3 orang) juga menerima 1 unit komputer dan printer, dan peringkat II (5 orang) menerima 1 unit komputer.(ak)

Juli 25, 2008 - Posted by | BEASISWA, dalam negeri, slta

2 Komentar »

  1. salam sejahtra
    terima kasih saya ucapkan pada CPI yang btelah bermulia hati tuk membantu pelajar riau dalam menyelesaikan pendidikan. sewaktu sma dan s1 saya pernah menerima besiswa Caltex.sekarang saya sedang melanjutkan s2 di malaysia. apakah ada tawaran beasiswa tuk s2 di luar negeri bagi lulusan terbaik?
    thaks infonya

    Komentar oleh roziah | Maret 10, 2009

  2. soree

    ne mona.
    saya mahasiwi unri
    yang saya mau tanyakan,,,
    klu beasiswa untuk unri ada g?

    trims

    Komentar oleh Mona | Juni 8, 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: