Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Cara Mencari Profesor Universitas di Luar Negeri

Cara Mencari Profesor Universitas di Luar Negeri
Bagi Anda yang ingin meraih beasiswa di luar negeri, rekomendasi sangat diperlukan. Untuk itu Anda perlu juga menghubungi seorang profesor di luar negeri yang bersedia menerima kita untuk bersama-sama melakukan penelitian di bidang yang ditekuni profesor tersebut.

Mencari profesor bisa jadi merupakan pekerjaan pertama seseorang untuk memenangkan beasiswa. Untuk itu perlu belajar dan banyak bertanya dari para alumni atau mahasiswa lain yang sudah pernah meraih beasiswa. Pada tulisan kali ini akan dirangkum beberapa tips atau cara mencari profesor di Jepang.

Langkah Pertama: Cari profesor pembimbing yang sesuai dengan bidang Anda melalui website universitas di Jepang. Biasanya website perguruan tinggi di Jepang menggunakan akhiran domain .ac.jp
Langkah Kedua: Cari dan temukan daftar departemen atau laboratorium yang ada di perguruan tinggi tersebut. Usahakan perguruan tinggi negeri. Biasanya nama lab disesuaikan dengan nama profesor, misal Tanaka Laboratory, Suzuki Laboratory, Kobayashi Laboratory dll.
Langkah Ketiga: Jika sudah cocok dengan profesor yang sesuai dengan bidang Anda, langkah selanjutnya adalah menulis surat baik lewat e-mail, fax, atau via pos. Gunakan bahasa yang sopan sesuai adat ketimuran. Uraikan tentang diri Anda terutama mengenai riwayat pendidikan, penelitian yang pernah dilakukan, dan penelitian macam apa yang Anda harapkan ke depan. Buat agar profesor sangat tertarik dengan Anda, tapi jangan gunakan bahasa yang terlalu berlebihan.
Pada dasarnya profesor Jepang tidak keberatan menerima mahasiswa asing jika ada dana. Untuk itu Anda perlu juga mengungkapkan pada profesor bahwa Anda sedang melamar beasiswa dari berbagai lembaga/foundation penyalur beasiswa seperti panasonic, hitachi, JICA, ataupun dari Depdiknas-nya Jepang (Monbukagakusho).

Jika semua langkah tersebut sudah diterapkan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui yaitu: Tidak semua profesor Jepang mahir dalam berbahasa Inggris, karena itu terkadang e-mail kita tidak dibalas, atau dibalas di kemudian hari beberapa bulan kemudian. Jika profesor sangat sibuk, e-mail kita akan lewat begitu saja. Anda sangat dianjurkan untuk menghubungi lebih dari satu profesor. Dan sabar…berdoalah, rajin-rajinlah mampir ke website sisteam informasi perguruan tinggi negeri yang ada di Jepang.

Untuk mencari profesor dari negeri lain, caranya kurang lebih sama dengan cara yang sudah diutarakan diatas. Semoga bermanfaat.

Juli 25, 2008 - Posted by | BEASISWA, beasiswa s3, luar negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: