Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Beasiswa S1, D2, D3 Monbukagakusho Jepang tahun 2008

Bagi anda yang berminat menempuh pendidikan di Jepang, tahun ini pemerintah Jepang telah membuka kembali peluang studi ke Jepang melalui program beasiswa Monbukagakusho 2008. Program ini meliputi beasiswa S1, beasiswa D3, dan beasiswa S2 bagi lulusan SLTA dan sederajat. Program beasiswa S1 meliputi seluruh jurusan kecuali musik dan olahraga, sedangkan program beasiswa D3 hanya diperuntukkan bagi siswa SLTA lulusan IPA yang berminat di bidang teknik (Engineering). Pendaftaran program beasiswa monbukagakusho 2008 ini akan dibuka 31 Mei 2007 dan ditutup tanggal 27 Juni 2007.

Program S1

Program S-1 merupakan program beasiswa 5 tahun (kecuali jurusan Kedokteran Umum, Gigi dan Hewan, 7 tahun) yang bisa diikuti lulusan SLTA baik jurusan IPA ataupun IPS Semua bidang bisa dipilih, kecuali bidang musik dan olah raga. Masa 5 atau 7 tahun sudah termasuk 1 tahun belajar bahasa di Jepang. Dan universitasnya baru ditentukan setelah tiba di Jepang berdasar hasil persaingan saat belajar bahasa selama 1 tahun di Jepang.

Program D-3 atau Politeknik

Program D-3 merupakan program beasiswa 4 tahun (termasuk 1 tahun belajar bahasa Jepang) yang dikhususkan bagi lulusan IPA yang berminat dibidang teknik (engineering) . Program yang materinya lebih pada praktek dan eksperimen ini memungkinkan bagi lulusan yang berprestasi untuk melanjutkan ke jenjang S-1. Sekolah tujuan sudah ditentukan sebelum keberangkatan ke Jepang.

Program D-2

Program yang setara dengan akademi yang akan mendidik para calon spesialis (profesional) ini ditempuh dalam waktu 3 tahun (termasuk belajar bahasa Jepang 1 tahun) dan bisa diikuti oleh lulusan SLTA jurusan IPA maupun IPS. Sama dengan program D-3, sekolahnya sudah ditentukan sebelum keberangkatan.

Fasilitas :

* Bebas biaya ujian masuk universitas, biaya kuliah, dan matrikulasi. (tidak termasuk biaya buku paket dan alat tulis).

* Tunjangan biaya hidup sebesar 134.000 yen setiap bulannya. Tunjangan pertama di Jepang sebesar 25.000 yen.

* Kursus Bahasa Jepang Gratis, baik saat di Indonesia ataupun di Jepang. Di Indonesia sekitar 3 minggu sebelum berangkat dan di Jepang selama setahun sebelum masuk kuliah. Dan tempatnya untuk peserta program S-1 dan D2 dibagi antara Tokyo dan Osaka, untuk program D3 semua di Tokyo.

* Kemudahan dalam pencarian asrama, apartemen atau sejenisnya. Di jepang, terutama untuk mahasiswa asing, sering mendapat kesulitan dalam pencarian tempat tinggal. Namun banyak pemilik apartemen atau asrama yang gmemperlunak h syarat bagi penerima beasiswa mombukagakusho.

* Diikutsertakan dalam asuransi kesehatan nasional Jepang dan program subsidi biaya kesehatan AIEJ.

* Tiket pesawat JAL Indonesia-Jepang kelas ekonomi. Tiket pesawat ini hanya diberikan 2 kali, saat pertama kali berangkat dari Indonesia, dan saat kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi dengan beasiswa mombukagakusho

Syarat pendaftaran untuk Program S-1, D-3 dan D-2 :

* Lulusan SLTA baik itu SMU, STM ataupun Madrasah Aliyah
* Berusia di bawah 22 tahun saat keberangkatan.
* Memenuhi batas minimal nilai rata-rata UAN dan nilai rata-rata rapor kelas semester akhir (dengan perincian sebagai berikut) :

Program Nilai minimal

Program Nilai Minimal S1 8,2 D3 8,0 D2 7,7

Tahapan seleksi :

* Seleksi Dokumen, hanya yang memenuhi syarat-syarat di atas yang diperbolehkan mengambil formulir pendaftaran di Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang terdekat (Medan, Surabaya, Makassar).

* Tes Tertulis, diperuntukkan bagi yang lulus seleksi dokumen, dan mendapat panggilan untuk mengikuti tes tertulis (tidak semua pelamar dipanggil untuk tes tertulis). Biasanya tes diadakan akhir bulan Juli.

* Tes Wawancara, bagi yang lulus Tes Tertulis akan dipanggil untuk mengikuti Tes Wawancara di Kedubes Jepang di Jakarta. Wawancara dalam bahasa Indonesia. Isi pertanyaan lebih mengarah kepada kesiapan mental pendaftar untuk hidup sendiri melanjutkan studi ke Jepang.

* Seleksi akhir oleh Monbukagakusho, Pelamar yang lulus Tes Tertulis dan Tes Wawancara, datanya akan diserahkan (direkomendasikan) kepada Monbukagakusho. Keputusan akhir ditetapkan oleh Monbukagakusho sekitar akhir bulan Januari tahun berikutnya. Bagi yang lolos semua seleksi dan berhasil mendapatkan rekomendasi dari Monbukagakusho, akan berangkat ke Jepang awal bulan April.

* Untuk Tes Tertulis, semua soal dalam bahasa Inggris (boleh menggunakan kamus bahasa Inggris-Indonesia kecuali dalam ujian bahasa Inggris).

* Materi ujian disesuaikan dengan Program beasiswa dan jurusan yang dipilih.

– Untuk Program S-1 jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial & Humaniora materi ujiannya adalah Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah Dunia

– Untuk Program S-1 jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, materi ujiannya adalah Bahasa Inggris, Matematika, Kimia dan Fisika/Biologi*

– Untuk Program D-3, materi ujiannya adalah Matematika dan Fisika / Kimia*.

– Untuk Program D-2, materi ujiannya adalah Bahasa Inggris dan Matematika.

(*:tergantung pilihan bidang studi yang dipilih)

Pendaftaran dilakukan di Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, di Jakarta, atau di 3 Konsulat Jenderal Jepang yang tersebar di Surabaya, Medan dan Makassar. Adapun formulir pendaftaran bisa didownload disini

Alamat dan nomor teleponnya adalah sebagai berikut :

Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang,
Jl. M.H. Thamrin No. 24 Jakarta 10350
Telp. (021) 3192-4308

Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya,
Jl. Sumatera No. 93
Telp. (031) 503-0008
Konsulat Jenderal Jepang di Medan,
Wisma BII Lt. 5, Jl. P. Diponegoro No. 18
Telp. (061) 457-5193

Konsulat Jenderal Jepang di Makassar,
Jl. Jend. Sudirman No. 31
Telp. (0411) 871-030

Informasi selengkapnya:
http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html

Juli 25, 2008 - Posted by | BEASISWA, luar negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: