Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Beasiswa Pemerintah Swiss 2008/2009

BEASISWA Program Beasiswa Pemerintah Swiss Tahun Akademik 2008/2009

20 Juli 2007

Pemerintah Swiss melalui Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS) menawarkan beasiswa dalam jumlah terbatas untuk negara berkembang termasuk Indonesia.

Beasiswa tersebut ditawarkan untuk mahasiswa PASCA SARJANA (POSTGRADUATE) yang ingin berkuliah di salah satu perguruan tinggi di Swiss. Tujuan beasiswa ini adalah untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk memperdalam pendidikan atau melakukan riset yang menjadi bidang khusus di perguruan tinggi yang dipilih. Bidang studi pilihan harus bermanfaat bagi perkembangan di Indonesia. Pada dasarnya penerima beasiswa dapat kuliah atau melakukan riset di perguruan tinggi federal manapun di Swiss.

Pelamar harus mempertimbangkan bidang studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Swiss. Program studi atau pendidikan berikut TIDAK termasuk dalam tawaran beasiswa ini:

1. Ilmu Kesenian

2. Pendidikan Strata 1

3. Pendidikan Sekolah Perhotelan

4. Pertukaran mahasiswa

5. Part-time studies

6. On-the-job studies

7. Studi jarak jauh (correspondence course)

Beasiswa berlangsung selama 9 (sembilan) bulan. Dalam kondisi tertentu beasiswa dapat diperpanjang hingga tahun ajaran ke-2 sesuai dengan pertimbangan FCS dan universitas yang bersangkutan.

Persyaratan

1. Warga Negara Indonesia

2. Ijazah perguruan tinggi (minimal Sarjana Strata-1 atau sederajat)

3. Batas umur pada waktu melamar harus di bawah 35 tahun (pelamar dilahirkan setelah tanggal 31 Desember 1972)

4. Penguasaan salah satu bahasa resmi di Swiss yang memadai (Bahasa Jerman, Perancis atau Itali) — tergantung lokasi perguruan tinggi yang dipilih — dan Bahasa Inggris untuk beberapa mata kuliah. Setiap pelamar harus mengikuti test bahasa di Kedutaan Swiss Jakarta untuk pengujian kemampuan bahasa secara lisan dan tulisan.

Catatan: Secara umum penguasaan salah satu bahasa resmi di Swiss yang cukup merupakan persyaratan umum yang perlu dipenuhi pelamar. Persyaratan ini tetap menjadi prioritas walaupun pelamar memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan telah mendapatkan konfirmasi dari perguruan tinggi / profesor yang dipilih, bahwa seluruh perkuliahan / riset diadakan dalam bahasa Inggris. Penerima beasiswa harus dapat memperoleh keuntungan yang optimal dari beasiswa ini. npa penguasaan salah satu bahasa resmi di Swiss akan sangat sulit untuk menghadapi kehidupan sehari-hari (misalnya untuk berkomunikasi di kantor polisi dan imigrasi, kantor pos,bank, kehidupan kampus, dsb.). Walaupun begitu, pelamar yang unggul namun hasil tes bahasanya kurang memuaskan masih dapat dipertimbangkan untuk beasiswa ini. Hal ini terikat dengan kesediaannya untuk mengikuti kursus bahasa intensif selama 3 bulan di University of Fribourg. Biaya kursus bahasa ini termasuk beasiswa dan biasanya dimulai pada pertengahan bulan Juli.

5. Surat penerimaan/konfirmasi dari perguruan tinggi yang dipilih. Sebelum melamar beasiswa ini, para pelamar harus menghubungi profesor atau fakultas dari perguruan tinggi yang dipilih untuk mendapatkan konfirmasi penerimaan tertulis. Surat tersebut harus dilampirkan dalam dokumentasi permohonan beasiswa. Permohonan untuk surat penerimaan atau konfirmasi ditujukan langsung kepada perguruan tinggi. Persyaratan untuk mendapatkan surat tersebut harus dilihat di situs setiap universitas.Secara umum pelamar harus menyertai rencana studi/riset yang rinci dan jelas,curriculum vitae dan fotokopi ijazah perguruan tinggi beserta transkrip nilai yang telah dilegalisir. Terjemahan resmi dan yang dilegalisir diperlukan apabila dokumen asli tidak dikeluarkan dalam Bahasa Inggris, Jerman, Perancis atau Itali.

6. Rencana studi/riset dan motivasi yang menjelaskan secara rinci dan jelas tujuan dari studi/riset. Pelamar harus mempertimbangkan bidang studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Swiss dan kemungkinan integrasi profesional jika kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi / risetnya.

Prosedur permohonan

Formulir pendaftaran beasiswa dapat diperoleh hingga tanggal 17 Oktober 2007 dan hanya diberikan kepada pelamar yang telah memenuhi persyaratan tersebut di atas.

Untuk memperoleh formulir, pelamar harus mengirim surat permohonan singkat yang berisi keterangan dan dokumen sebagai berikut :

1. Nama lengkap

2. Tanggal lahir

3. Bahasa asing yang dikuasai selain Bahasa Inggris (Jerman, Perancis, atau Itali; tergantung pada lokasi universitas yang dituju)

4. Lampiran surat penerimaan/konfirmasi dari profesor atau perguruan tinggi yang dipilih. Surat ini adalah konfirmasi yang menyatakan bahwa pihak universitas menyetujui riset/rencana studi Anda dan Anda memiliki latar belakang pendidikan atau pengalaman yang sesuai.

5. Program studi dan universitas yang dituju

6. Lampiran rencana studi/riset

7. Karangan singkat berisi motivasi melanjutkan kuliah di Swiss dan memperoleh beasiswa

8. Alamat korespondensi lengkap

Surat permintaan formulir pendaftaran beasiswa dialamatkan melalui pos atau e-mail ke:

Kedutaan Besar Swiss

Bagian Kebudayaan

Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. X 3/2

Kuningan

Jakarta 12950

E-mail: jak.vertretung@eda.admin.ch

Situs: http://www.eda.admin.ch/jakarta

Formulir akan dikirim melalui pos. Pelamar harus sudah mengembalikan formulir pendaftaran paling lambat pada tanggl 31 Oktober 2007, dilampiri lengkap dengan dokumen-dokumen pendukung ke Kedubes Swiss.

Formulir dan dokumen tersebut diserahkan dalam rangkap 4 (empat). Setiap set dokumen harus tersusun dalam urutan sebagai berikut:

1. Formulir pendaftaran

2. Fotokopi ijazah SMA yang telah dilegalisir

3. Terjemahan ijazah SMA

4. Fotokopi ijazah S1

5. Terjemahan ijazah S1

6. Transkrip nilai

7. Terjemahan transkrip nilai

8. Surat rekomendasi dari 2 dosen/profesor di Indonesia

9. Rencana studi

10. Motivasi untuk melanjutkan kuliah di Swiss dan memperoleh beasiswa

11. Curriculum Vitae

12. Konfirmasi dari professor/surat penerimaan dari perguruan tinggi di Swiss

13. Surat pemeriksaan medis (formulir tersedia bersama formulir pendaftaran)

14. Dokumen lain (sertifikat kursus bahasa, dll.)

Dokumen yang difotokopi harus dilegalisir sesuai aslinya. Dokumen-dokumen yang aslinya tidak dikeluarkan dalam Bahasa Inggris, Jerman, Perancis atau Itali harus diterjemahkan ke dalam salah satu bahasa tersebut dan dilegalisir serta dilampirkan pada dokumen yang telah diterjemahkan.

Harap diingat bahwa hanya aplikasi yang lengkap dan disusun rapi yang akan dipertimbangkan. Apabila semua persyaratan telah dilengkapi, Kedutaan Besar Swiss akan menseleksi setiap pelamar untuk diundang mengikuti wawancara dan ujian bahasa tertulis.

Dengan demikian tidak semua pelamar akan dipanggil untuk mengikuti seleksi wawancara dan test. Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS) akan mengumumkan penerima beasiswa pada bulan Mei 2008.

Jumlah beasiswa

CHF 1.920,-/bulan untuk mahasiswa pasca-sarjana (postgraduate)

CHF 1.600,-/bulan untuk 3 bulan kursus bahasa di Fribourg

Catatan: Harap diingat, bahwa penerima beasiswa dibebaskan dari biaya perkuliahan tetapi TIDAK untuk program studi pasca-sarjana tertentu seperti misalnya program MBA (yang dapat mencapai ribuan CHF). Beasiswa hanya mencakup biaya hidup di Swiss. Untuk itu setiap pelamar sangat dianjurkan mengklarifikasi kepastian pembebasan uang kuliah untuk program studi yang dipilih dengan universitas yang bersangkutan.

Biaya perjalanan dan asuransi

Penerima beasiswa dari Indonesia harus menanggung biaya perjalanan ke Swiss sendiri. Perjalanan pulang ke Indonesia akan ditanggung FCS (tidak termasuk anggota keluarga). Biaya perjalanan pulang tidak akan ditawarkan apabila penerima beasiswa tinggal di Swiss lebih dari 6 bulan setelah menyelesaikan studinya di Swiss, atau apabila bekerja atau pindah ke negara ketiga.

Asuransi kesehatan (kecuali untuk gigi) dan asuransi kecelakaan akan disediakan.

Kewajiban penerima beasiswa

Penerima beasiswa harus bertempat tinggal di tempat studinya di Swiss dan harus mengikuti semua aturan hukum yang berlaku bagi orang asing yang bertempat tinggal di Swiss serta aturan yang berlaku di perguruan tinggi. Anggota keluarga tidak dapat dibawa oleh penerima beasiswa pada tahun pertama namun diperbolehkan untuk mengunjungi Swiss sebagai turis dengan biaya sendiri.

Penerima beasiswa harus memberikan pernyataan tertulis untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi / risetnya di Swiss.

Beasiswa FCS tidak dapat diambil secara bersamaan dengan beasiswa lain. Apabila penerima beasiswa menerima beasiswa lain atau bantuan keuangan (mis.: gaji), beasiswa akan dibatalkan.

Alamat situs perguruan tinggi di Swiss

1. Universität Basel: http://www.unibas.ch

2. Universität Bern: http://www.unibe.ch atau http://www.int.unibe.ch

3. Université de Fribourg: http://www.unifr.ch atau http://www.unifr.ch/mobilite

4. Université de Genève: http://www.unige.ch atau http://www.unige.ch/intl/boursiers/

5. Ecole polytechnique fédérale de Lausanne: http://www.epfl.ch atau http://www.epfl.ch/soc/social/bourse3eme.html

6. Université de Lausanne: http://www.unil.ch atau http://www.unil.ch/ri/page12729.html

7. Universität Luzern: http://www.unilu.ch

8. Université de Neuchâtel: http://www.unine.ch

9. Universität St. Gallen: http://www.unisg.ch atau http://www.exchange.unisg.ch/org/lehre/exchange.nsf/wwwPubInhalteEng/

10. Eidgenössische Technische Hochschule Zürich: http://www.ethz.ch atau http://www.mobilitaet.ethz.ch/incomings/anmeldung/andere/bundesstipendium

11. Universität Zürich: http://www.unizh.ch atau http://www.int.unizh.ch

12. Università della Svizzera italiana: http://www.unisi.ch atau http://www.unisi.ch/index.servizi/mobilita.htm

Situs-situs yang berguna:

http://www.swissuni.ch

http://www.swissuniversity.com

http://www.crus.ch/engl/study.html

http://www.bbw.admin.ch

http://www.edk.ch

Juli 21, 2008 - Posted by | BEASISWA, beasiswa s2, beasiswa s3, luar negeri

2 Komentar »

  1. nggak cukup bahassa inggris aja ych?? cz cuma bisa itu en jepang… syarat bahasa itu harus y// saya anak pertanian, katanya di swiss pertaniannya bagus, ad beasiswa nggak utk anak social economie? makasih

    Komentar oleh nia | September 24, 2008

  2. kalau kuliah s1 ku baru selesai bulan juni bisa apply ga ya?
    Trus aku juga ikut les bhs prancis.kira2 nanti test nya ada test bhsa ga y?

    Komentar oleh lia | Oktober 13, 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: