Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Bantuan Belanda untuk Agribisnis IPB

Bantuan Belanda Sebesar 600,000 Euro untuk Agribisnis IPB
05 May 2008

Nuffic, organisasi Belanda untuk kerja sama internasional di bidang pendidikan tinggi, memberikan bantuan sejumlah € 600.000 kepada Institut Pertanian Bogor (IPB). Bantuan tersebut merupakan bagian dari program beasiswa NFP Multi-Year Agreement (NFP-MYA) yang dipergunakan untuk peningkatan kapasitas dan kemampuan staf pengajar Departemen Agribisnis, IPB. Penandatanganan kerja sama NFP-MYA ini dihadiri oleh Marrik Bellen, Direktur Neso Indonesia, Monique Drenthem Soesman, Head of Scholarships, dan Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., Rektor IPB. di kampus IPB Baranang Siang, Bogor (28/4).

“Neso, sebagai kantor perwakilan Nuffic di Indonesia, berharap agar bantuan yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas dan kemampuan staff pengajar dapat berjalan dengan baik. Agribisnis adalah salah satu bidang yang terdepan di pendidikan tinggi Belanda. Diharapkan pengetahuan dan ketrampilan agribisnis yang diperoleh dari perguruan tinggi Belanda dapat diaplikasikan dan dibagi kepada staf lainnya dalam lingkungan IPB maupun jejaringnya.“ ujar Marrik Bellen.

Program NFP-MYA merupakan upaya untuk menjawab beberapa tantangan yang dihadapi oleh Departemen Agribisnis IPB seperti kurangnya kemampuan dan kompetensi staff pengajar dalam hal mengajar, wirausaha dan pengalaman praktek, di samping juga kurangnya optimalnya pemanfaatan fasilitas dan peluang yang tersedia serta adanya ketidakseimbangan antara komposisi staf pengajar dan tingkat keahlian. Selain merupakan upaya untuk mempersiapkan IPB menjadi universitas negeri di tahun 2010.

Lebih jauh rektor IPB, Dr.Ir. Herry Suhardiyanto mengatakan, “IPB sangat senang dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah Belanda melalui Nuffic atau Neso di Indonesia. Bantuan ini juga dapat mendukung departemen Agribisnis IPB untuk mewujudkan misinya membentuk pusat agribisnis yang dapat membantu pengusaha kecil dan menengah. Hal ini diharapkan dapat menciptakan kerja sama yang baik antara departemen agribisnis IPB dan petani atau produsen lokal melalui pemanfaatan teknologi dan dinamisme agribisnis untuk memperbaiki produktivitas dan pendapatan petani.“

Tiga puluh staff pengajar akan mengikuti tailor-made training yang memilih tema pangan (produk susu dan jamur) dan non pangan (komoditi bunga). Dua belas staff pengajar akan mengikuti short course yang memiliki tema Food and Agribusines Management, Agriculture in transition, Technical and financial analysis in dairy Farm Management dan Value Chain Concept. Selain itu, satu orang staf pengajar akan melanjutkan program master dan empat orang untuk melanjutkan program PhD di Belanda.

Multi-Year Agreement (MYA)

MYA adalah salah satu jenis program beasiswa Netherlands Fellowship Program (NFP) yang dirancang untuk membantu sebuah organisasi untuk mengembangkan sumber daya manusianya. Program ini menjamin tersedianya program beasiswa untuk sejumlah training yang telah disetujui selama tiga tahun.

NFP merupakan program beasiswa yang menitikberatkan pada training dan pembangunan kapasitas dari sebuah organisasi di negara-negara berkembang. Dalam rangka program NFP, peminat dapat mengambil program master, short courses, PhD, tailor-made training dan refresher courses.

Juli 21, 2008 - Posted by | BEASISWA, dalam negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: