Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Beasiswa PPDS

Beasiswa PPDS yang kini dikenal dgn PPDS-BK alias PPDS Berbasis Kompetensi … alias PPDS DEPKES.

Pada waktu saya mendaftar PPDS awal jan 2008 ini, kurang mendapat sosialisasi tentang adanya PPDS Depkes ini.
Terakhir-terakhir setelah saya masuk, saya baru dengar segelintir wira-wiri orang bicara bahwa PPDS Depkes ini berlaku bagi kalangan PNS saja. Entah benar atau tidak.

Kini sewaktu Pradik kemarin baru dijelaskan secara resmi, tapi baru segelintir oleh Ketua … (waduh sapa ya kemaren, aku lupa heehhe ). Dan dikatakan bahwa baru akan dirapatkan lagi dengan para KPS tiap bagian untuk sosialisasinya, karena ini suatu Program baru dari DEPKES.
Jadi anggap saja ini baru gossip, untuk lebih jelasnya silahkan Langsung Ke DEPKES. Or … tanya dinkes setempat.

Beasiswa PPDS-BK atau PPDS Berbasis Kompetensi.
Untuk tahun 2008 ini (katanya) ditargetkan untuk 700 orang, namun karena sosialisasi kurang maka baru terlaksana 250 orang yang telah berhasil lulus dan mendapatkan beasiswa untuk periode Juli 2008 ini. ( Padahal yang ikutan seleksi 1.400 ).
Untuk tahun 2009 akan lebih diperbanyak lagi, beasiswa untuk 1700 PPDS diseluruh indonesia.
Hal ini dilakukan DEPKES untuk pemerataan Spesialis di daerah2 supaya tidak menumpuk diperkotaan.
Namun sayangnya Program ini ( kabarnya ) tidak untuk selamanya.
Hanya berlaku sampai 2010 saja.

Arti dari PPDS BK sendiri … Berbasis Kompetensi.
Yang artinya … ( waduhh serius amat bacanya )
PPDS yang mengikuti program ini akan sekolah berdasarkan MODUL yang berbasis KOMPETENSI.
Jadi kalo si PPDS ini PUINTER n RUAJIN, modulnya sudah bisa dikuasai lebih cepat, maka bisa jadi masa studinya juga pendek ( sekali lagi ini baru katanya lho ).
Trus … bila sudah tingkat atas ( mungkin Chief ), harus bersedia dikirim ke daerah “yang membutuhkan” untuk tugas selama 3 bulan.
Disana yaaa … operasi, tapi masih dalam pengawasan pendidikannya. Tapi dapet “fasilitas” lumayan disana dan juga “uang saku” yang lebih dari cukup.

( katanya lagi ) Sejak awal masuk DEPKES akan membiayai SEMUA BIAYA selama sekolah spesialis, termasuk UANG SUMBANGAN masuk, dan tiap bulan mendapat jumlah yang disesuaikan oleh studinya masing2 ( ga tau berapa, tanya DEPKES ).

Namun sang PPDS akan terikat kontrak dengan DEPKES untuk bersedia di tempatkan di area yang membutuhkan dokter spesialis, sesuai dengan PETA KEBUTUHAN yang ada di DEPKES ( tanya lagi ke sono dimane aje penempatannye ) selama 2n … ( n= lamanya masa studi kita ).

Ini ada 2 versi ga tau mana yang bener.
Pak ketua bilang, penempatan terserah DEPKES dimana.
Belum tentu misalnya yang datang dari Kalimantan berarti akan ditempatkan kembali kesana. Tergantung studi yang diambil. Bila Kalimanatan cukup ObsGyn-nya, maka bisa aja dibuang ke Papua yang minim.

Ada yang bilang juga milih pas mengajukan ke DEPKES, tapi yang dipilih tetep didalam PETA KEBUTUHAN yang ada di DEPKES.

Trus … saya pernah baca di salah satu Web. Katanya untuk yang MAYOR2 aja.
Nyatanya MINOR juga boleh, buktinya temen gw Ellen ambil MATA UNBRAW n keterima.

Katanya juga cuma buat PNS aja …
Memang rata-rata kebanyakan adalah PNS daerah, karena prosesnya cukup rumit. Maksud saya surat2 yang diurus tuh lho. ( tanya lagi ke DEPKES, … ngomong2 siapa sih si DEPKES itu ??? kok dia tau macem2 seh ?? ;P )

Namun sekarang ini telah diperjelas.
Beasiswa PPDS-BK terbuka buat PNS n Non PNS, bahkan untuk PPDS yang telah masuk duluan dan stase.
Untuk PPDS yang sudah stase, bisa menghubungi KPS-nya masing2 untuk lebih jelasnya.
Kalo disini, UNBRAW, kita PPDS yang lama bisa mengajukan permohonan tersebut ke KPS bagian, sekalian dengan daerah penempatan yang diinginkan ( tapi tetep sesuai PETA KEBUTUHAN ).

Oya sedikit gambaran, bukan berarti kalo Anda calon PPDS Depkes bila ujian di UI atau Unbraw pasti lulus yaa.
Saya baca di Web : PPDS DEPKES yang mendaftar untuk anaestesi UI 5 orang n semua tidak keterima.
Jadi intinya, tergantung kualitas orang yang mengajukan diri, karena UI n Univ. Negeri lain tetep tidak akan menurunkan standar lulus seleksinya untuk Anda.
Bila anda ga layak, walaupun utusan daerah dan ada rekomendasi dari DEPKES, tetep aja … out.

sumber: http://meity.wordpress.com/

Juli 18, 2008 - Posted by | BEASISWA, dalam negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: