Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Mahasiswa Indonesia Raih Talisman Award University of Stavanger Norwegia

Yanuar Priyadi Mahasiswa Indonesia Raih Talisman Award University of Stavanger, Norwegia

KBRI Oslo | Sabtu, 12 Juli 2008

Mengulangi prestasi gemilang tahun lalu, Yanuar Priyadi, mahasiswa Indonesia berhasil mengharumkan nama Indonesia meraih penghargaan Talisman Award University of Stavanger lulus terbaik kedua. Penghargaan pertama, Iroro Emmanuel Eradajaye (Nigeria) dan ketiga Isiaka Niyi Yusuf diraih oleh mahasiswa asal Nigeria.

Universitas Stavanger memiliki tiga fakultas masing-masing : Art and Education, Social and Science dan Science and Technology dengan jumlah 8000 mahasiswa.

Fakultas Science and Technology Stavanger merupakan salah satu fakultas teknik terbaik di Norwegia yang setiap tahun memberikan penghargaan Talisman Award bagi 3 mahasiswa lulusan terbaik dengan hadiah sebesar Nok 25.000 (US$ 5 ribu) terbaik pertama, Nok 15.000 (US$ 3 ribu) terbaik kedua, Nok 10.000 (US$ 2 ribu) terbaik ketiga. Fakultas ini bekerjasama dengan perusahaan minyak Canada Taliman Energy AS yang beroperasi di Stavanger dan mensponsori pemberian penghargaan Talisman Award tsb.

Yanuar Priyadi, asal Bandung, adalah lulusan fakultas Teknik Perminyakan ITB Bandung angkatan 2000, mengikuti studi S-2 jurusan petroleum engineering sejak tahun 2006. Tahun 2007, Sugianto Gandi mahasiswa S-2 jurusan petroleum engineering juga meraih penghargaan Talisman Award berhasil lulus terbaik kedua.

Bersama Yanuar Priyadi, 4 mahasiswa Indonesia lainnya juga berhasil menyelesaikan studi S-2 di fakultas yang sama yaitu : Agung Ertanto, Boya Subhono, Puti Permata dan I Komang Sutarjana. Fakultas teknik Universitas Stavanger merupakan universitas yang telah banyak menghasilkan sarjana yang berkualiatas tinggi dan lulusannya banyak diterima di perusahan minyak Norwegia.

Yanuar Priyadi saat ini telah diterima bekerja sebagai konsultan di perusahaan Reslab Integration AS, Agung Ertanto di perusahaan minyak nasional Statoil Hydro – Stavanger dan Boya Subhono di Statoil Hydro – Bergen.

Berdasarkan data yang tercatat di KBRI Oslo jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Stavanger saat ini sebanyak 14 orang (angkatan 2006-2007), angkatan 2005 sebanyak 7 orang seluruhnya sudah menyelesaikan studi S-2, dan pada tahun ajaran 2008-2009 akan datang sebanyak 7 mahasiswa baru dari Indonesia.

Pemerintah Norwegia memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing termasuk Indonesia untuk studi S-2 dan S-3 di beberapa Universitas di Norwegia antara lain University of Oslo, NTNU (Trondheim), Universitas Life of Science ( Ĺs), University of Bergen, Agder University (Kristiansen).

Ada beberapa jenis beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa asing yaitu :

Pertama, beasiswa “Quota”, berbentuk bantuan 70% loan dan 30% grant. Apabila mahasiswa mendapatkan beasiswa ini setelah lulus kembali ke negara asalnya, maka loan tsb dapat dikonversi menjadi grant (full beasiswa) tidak perlu dikembalikan. Tetapi, apabila penerima beasiswa setelah lulus bekerja dan menetap di Norwegia atau bekerja di negara selain negara asal, maka yang bersangkutan harus membayar kembali loan 70% tsb (namun boleh dicicil selama 20 tahun).

Kedua, beasiswa “NORAD” (full scholarship). Besasiswa ini sejak tahun 2007 sudah berubah nomenklaturnya menjadi NOMA, beasiswa tidak lagi untuk individu tetapi diberikan melalui institusi di negara berkembang yang ditunjuk.

Ketiga, Stavanger University Fund / Industrial Scholarship merupakan full scholarship. Beasiswa ini hanya ada di Petroleum Engineering University of Stavanger. Dananya berasal dari Konsorsium perusahaan minyak yang ada di Norwegia.

Salah satu penerima beasiswa ini adalah Yanuar Priyadi. Proses pendaftaran beasiswa ini dapat dilakukan langsung melalui internet (online), seperti contoh universitas stavanger alamat webitenya : http://www.uis.no

Selain itu, terdapat juga beasiswa studi human rights (HAM) yang dikelola oleh Norwegian Center For Human Rights (NCHR) dengan dukungan dana dari pemerintah Norwegia. NHCR memberikan jatah 2 mahasiswa Indonesia untuk studi HAM di UIO setiap tahun.

Sumber : KBRI Oslo

Juli 15, 2008 - Posted by | BEASISWA, luar negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: