Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Beasiswa Diknas

Beasiswa Diknas Mengecewakan
Bulan Juni tahun 2006, acara besar diadakan di TMII. Acara ini adalah LKS (lomba Keterampilan Siswa). Berbagai lomba dari Jurusan SMK yang ada diadakan di sini. Salah satunya adalah lomba yang saya ikuti yaitu Usaha Jasa Pariwisata. Lomba yang terdiri dari 4 tahap yang saya ikuti ini lumayan meletihkan.

Bagi semua siswa yang berpartisipasi tentu saja hal itu wajar. Kami harus membawa nama Provinsi kami masing-masing. Waktu itu saya mewakili Provinsi Sulawesi Selatan. Hal yang membuat saya bangga sekaligus menangis adalah saat acara penutupan, nama saya disebut sebagai juara 3 bidang lomba UJP. Mungkin bagi orang lain juara 3 itu biasa, tapi bagi saya yang telah berusaha keras selama berbulan-bulan untuk mempersiapkan diri sebelumnya (bahkan saya harus membagi pikiran saya antara lomba dan UN) juara 3 merupakan kejutan yang luar biasa. saya berhasil mendapatkan juara 3 dari 28 Provinsi yang ikut serta.

Kemudian kekhawatiran itupun datang, More…setelah berhasil lulus dengan nilai yang lumayan memuaskan, saya bingung mau melanjutkan study saya atau tidak (Mungkin sebagian besar kekhawatiran saya ini berasal dari perasaan saya yang merupakan orang yang tidak mampu).

Saya tidak bisa menggambarkan perasaan saya waktu itu ketika saya menerima surat resmi dari DIKNAS yang menawarkan beasiswa kepada saya. Namun, kekhawatiran saya datang lagi, mungkin karna terbiasa mendapat janji yang tidak terpenuhi saya jadi selalu tidak yakin pada keberuntungan yang saya dapatkan. Dengan perasaan was was setelah saya mengirimkan pengajuan untuk ditindaklanjuti, saya menunggu berita dari Diknas.

Sebelum berita itu datang, saya sudah mengantisipasinya dengan mendaftar ke AKPAR di Makassar. Karena berita itu tidak kunjung datang, saya mulai takut, tapi saya hanya bisa pasrah.

Mungkin doa saya dikabulkan, berita gembira itu datang dari telepon yang berdering saat saya sedang keluar. Begitu saya tiba di rumah, kakak saya dengan semangat mengatakan,

“Tadi ada telepon dari Diknas, lalu mereka mengatakan kalo kamu diterima di STP Trisakti!” kontan saja aku senang.

Tapi, entah kenapa lagi-lagi saya khawatir. bahkan setelah surat resmi itu tiba dan saya berangkat ke Jakarta untuk wawancara. saya masih diliputi perasaan takut. tapi, begitu kuliah perdana selesai dan saya mendapat kelas khusus di STP Trisakti, perasaan itupun hilang. Tapi tidak berapa lama saya lumayan kecewa, karena jurusan yang saya dapatkan tidak sesuai dengan jurusan yang inginkan. Begitupun beberapa anak lain yang berasal dari LKS juga.

Yang membuat kami kecewa lagi adalah uang yang dijanjikan DIKNAS belum turun juga. Padahal kami sudah berada di Trisakti selama 2 bulan, tapi yang ada hanyalah janji-janji. Bahkan kami mendapat berita kalo mereka baru membicarakannya di DPR. Lho? Kalo begitu nasib kami bagaimana?

Banyak yang lumayan kecewa, tapi kami tak bisa mengundurkan diri, karena jika kami melakukan hal itu, kami harus mengganti rugi semua biaya yang sudah mereka keluarkan. Mungkin bagi saya, saya masih bisa memaklumi, karna saya tahu pasti akan begini jadinya. tapi untuk beberapa orang yang sudah mendapat pekerjaan dan diumbar oleh janji dari pemerintah pasti merasa sangat kecewa.

Saya berharap bahwa kejadian yang kami dapati ini tidak lagi diulangi oleh Diknas dan pemerintah ini tidak terjadi lagi pada orang lain. (kalo itu terjadi lagi … Weleh weleh… mau jadi apa negara kita? bakalan tambah bobrok dah generasi mudanya).

sumber: penulislepas.com

Juli 12, 2008 - Posted by | BEASISWA, dalam negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

