Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

MENUNGGU HASIL PASCA SELEKSI BEASISWA MESIR

Ada beberapa bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam dengan beberapa universitas di luar negeri, salah satu diantaranya adalah dengan memberikan beasiswa studi lanjutan. Hal ini sebagaimana terefleksi dalam kepercayaan yang diberikan oleh para funding kepada Ditpertais untuk memberikan bantuan beasiswa studi ke Al-Azhar Mesir. Baru-baru ini Ditpertais melalui subdit kerjasama luar negeri dan publikasi melakukan seleksi calon penerima beasiswa Al Azhar Mesir yang dilaksanakan tanggal 14-15 Juli 2004 pada 14 lokasi di seluruh Indonesia yaitu : 1)Jakarta, 2)Yogyakarta, 3)Makassar, 4)Palembang, 5)Medan, 6)Padang, 7)Banjarmasin, 8)Surabaya, 9)Gorontalo, 10)Semarang, 11)Bandung, 12)Mataram dan 13)Palu.

Mekanisme seleksi dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama mencakup seleksi tertulis berbahasa Arab meliputi Bahasa Arab dan Pengetahuan Agama Islam. Sedang pada tahap kedua, adalah seleksi lisan meliputi Hafalan Al Qur’an dan Pengetahuan Agama Islam. Soal-soal ujian tertulis disusun oleh Dr. Aziz Fakhrurrazi dari UIN Jakarta. Sedangkan Tim Penguji Lisan berasal dari UIN/IAIN/STAIN penyelenggara seleksi. Untuk UIN Jakarta terdiri atas 1)Dr. Akrom Malibary, 2)Dr. Sayuthi Nasution dan 3)Dr. Syairozi Dimyati. Pengawas Ujian tertulis berasal dari Karyawan/wati Ditperta Islam yang ditugaskan ke seluruh lokasi penyelenggara ujian.

Adapun seluruh peserta ujian di seluruh Indonesia berjumlah 320 orang dengan rincian sebagai berikut : 1)Jakarta : 105 orang, 2)Yogyakarta : 40 orang, 3)Makassar : 17 orang, 4)Palembang : 24 orang, 5)Medan : 30 orang, 6)Padang : 5 orang, 7)Banjarmasin : 19 orang, 8)Surabaya : 17 orang, 9)Gorontalo : 15 orang, 10)Semarang : 34 orang, 11)Bandung : 10 orang, 12)Mataram : 7 orang dan 13)Palu : 14 orang.

Dari seleksi ini akan direkrut sejumlah 100 orang yang akan diikutsertakan pada Pelatihan Bahasa dan Budaya Arab tahun 2005 dan akan diberangkatkan pada tahun yang sama. Namun dari 100 orang tersebut akan diperas lagi menjadi 90 orang. Ujian ini dilaksanakan langsung oleh kedutaan Mesir untuk melihat sejauhmana kompetensi masing-masing calon penerima beasiswa. Kita berharap kerjasama baik ini akan berlangsung lama dan dapat memberikan feed back yang memuaskan dalam rangka meningkatkan kualitas pengetahuan Dirasah Islamiyah. (Adib, Gja)

Juli 11, 2008 - Posted by | BEASISWA, luar negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: