Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Belanda: NFP Tailor-Made Training

Pendahuluan
Bila ada organisasi di Indonesia – satu dari 57 negara – yang ingin stafnya dilatih atau memperoleh pengetahuan atau ketrampilan khusus dapat meminta bantuan NFP untuk pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan. Sub-program NFP ini bertujuan untuk meningkatkan seluruh fungsi yang ada di organisasi dengan memberikan pelatihan bagi kelompok staf pilihan. Suatu kursus pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan, dirancang untuk memenuhi kebutuhan tertentu sesuai dengan permintaan organisasi tersebut. Oleh karena itu, pelatihan tersebut tidak di arahkan untuk memperoleh gelar atau diploma. Pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan melibatkan suatu kelompok dengan anggota mencapai 20 orang dan memiliki anggaran berkisar EUR 30.000 sampai dengan EUR 225.000. Pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan ini umumnya berlangsung singkat. Pelatihan ini dapat diperpanjang hingga periode satu tahun, namun umumnya tidak lebih singkat dari dua minggu atau lebih lama dari empat bulan. Pelatihan yang berlangsung hingga tiga minggu hanya dapat disetujui apabila dilaksanakan di wilayah organisasi pemohon.

Organisasi yang memenuhi syarat
Program NFP untuk pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan terbuka bagi berbagai organisasi, mulai dari lembaga pendidikan, lembaga riset, kementerian, dan organisasi non-pemerintah hingga perusahaan kecil dan menengah. Organisasi yang meminta pelatihan harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

Harus berlokasi di salah satu dari 57 negara yang terdaftar.
Tidak merupakan suatu industri besar dan/atau perusahaan multi nasional.
Bidang di mana organisasi beroperasi harus sesuai dengan pembangunan yang berkesinambungan dari negara yang bermasalah.
Materi pelatihan yang sesuai dengankebutuhan harus relevan dengan kebutuhan dari organisasi pemohon.
Peserta pelatihan yang diusulkan harus mempunyai hubungan yang jelas, dan fungsional dengan organisasi pemohon.
Peserta pelatihan yang diusulkan harus dapat memperkenalkan ketrampilan dan pengetahuan yang baru mereka peroleh ke dalam organisasi.
Nuffic akan memberikan prioritas kepada proposal pelatihan yang menjamin bahwa paling kurang setengah dari pesertanya adalah wanita; proposal pelatihan berasal dari sub-Saharan Africa, dan proposal yang diajukan oleh organisasi yangmana kontrak jangka panjangnya yang telah disetujui.

Lokasi
Pelatihan dapat diadakan di Belanda, di negara asal, atau di negara tetangga dari organisasi pemohon, atau gabungan dari beberapa lokasi. Lokasi tersebut tergantung pada kebutuhan dan kemungkinan tertentu. Prioritas akan diberikan terhadap pelatihan yang dilakukan baik sebagian atau seluruhnya di negara atau wilayah asal dari organisasi pemohon.

Prosedur pendaftaran
Permohonan untuk pelatihan dengan kebutuhan khusus diajukan ke Netherlands Education Support Office (NESO) dengan format yang sudah ditentukan. Format ini bersama-sama dengan panduan penulisan permohonan dapat di download (dengan format pdf, 122 Kb) dan juga dapat diperoleh di NESO.

Biasanya, setelah NESO membuat penilaian awal, organisasi peminat di negara anggota NFP akan mengajukan proposal awal untuk mengetahui apakah pendekatan dan tema yang mereka ajukan relevan. Kriteria di atas akan dijadikan poin-poin bagi penilaian awal. Bila garis besar proposal tersebut memenuhi kriteria dan memuat semua informasi yang diminta, maka barulah NESO akan mengajukan garis besar proposal tersebut ke Nuffic bersama dengan rekomendasi tentang garis besar tersebut berikut organisasi pemohon.

Selama fase dimana garis besar pelatihan disusun, baik bantuan tenaga ahli local, Nuffic dan/atau NESO dapat diminta bantuannya oleh organisasi pemohon dalam menterjemahkan lingkup prioritas pelatihan agar menjadi sebuah garis besar pelatihan.

Pelatihan dengan kebutuhan khusus dibuat oleh penyedia jasa dari Belanda yang memiliki keahlian khusus. Penyedia jasa ini mungkin dari lembaga pendidikan yang lebih tinggi, namun jenis organisasi lain pun dapat diterima. Untuk menyesuaikan permintaan dengan penawaran dengan cara yang transparan dan obyektif, maka digunakanlah prosedur tender untuk meyeleksi penyedia jasa pelatihan. Garis besar pelatihan dirumuskan oleh organisasi pemohon akan menjadi dasar bagi penyelenggaraan tender. Rumusan tersebut harus meliputi sebuah laporan yang jelas tentang kebutuhanpelatihan tersebut, aktivitas pelatihan yang diusulkan, profil kelompok sasaran, usulan dari sumber-sumber yang diperlukan, dan anggaran yang relevan. Nuffic mempublikasikan undangan tender di website Nuffic dan di website Netherlands Foreign Trade Agency (EVD), yang merupakan bagian dari Kementrian Urusan Ekonomi. Penyedia jasa di Belanda mengajukan proposal pelatihan mereka ke Nuffic. Nuffic diperkenankan merubah prosedur tender bila program pelatihan yang diusulkan ternyata hanya memerlukan anggaran yang kecil. Dalam kasus ini, Nuffic diperbolehkan secara langsung untuk melakukan pendekatan dengan satu atau lebih penyedia jasa yang potential dan mengundang mereka guna mengajukan mereka.

Proposal pelatihan dievaluasi oleh komite evaluasi tender (TEC). Komite ini terdiri dari perwakilan organisasi pemohon, perwakilan Nuffic, dan seorang ketua independen yang merupakan ahli dalam bidang studi yang relevan. TEC menyeleksi penyedia jasa yang paling memenuhi syarat dengan basis penilaian pada angka keseluruhan yang komponennya terdiri dari materi isi dan harga. Dalam proses seleksi ini, pilihan utama diberikan kepada:
Proposal pelatihan yang secara bersama-sama mengimplementasikan kerjasama antara lembaga atau organisasi di Belanda dengan lembaga atau organisasi di Indonesia;
Proposal pelatihan yang dilakukan baik sebagian ataupun seluruhnya di Indonesia.
Sesuai prosedur tender, Nuffic memberikan suatu hibah kepada penyedia jasa dari Belanda yang mengajukan pemenang tender. Hibah tersebut meliputi dana untuk segala komponen yang diperlukan oleh negara berkembang. Selain menyediakan pelatihan yang dibutuhkan, penyedia jasa di Belanda juga bertanggung jawab untuk mengatur kemitraan, perencanaan logistik, dan penyediaan panduan bagi para mitra.

Batas Waktu Pendaftaran
Tidak ada batas waktu untuk mengajukan outline training yang sesuai dengan kebutuhan. Implementasinya dilaksanakan setelah berkonsultasi dengan Nuffic, yang bertanggung jawab untuk perencanaan dan anggaran keuangan.
Studi di Belanda Sistem Pendidikan Belanda Beasiswa
Beasiswa StuNed NFP
NFP Master NFP Short Course NFP PhD NFP Tailor-Made Training Huygens Scholarship Programme (HSP) Persiapan Tinggal Jaringan Alumni ITP TOEFL Asosiasi Pelajar Indonesia di Belanda

Juli 11, 2008 - Posted by | BEASISWA, luar negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: