Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Belanda: NFP Master

Pendahuluan
Universitas/institusi di Belanda menawarkan sejumlah program gelar Master internasional. Program-program tersebut mencakup hampir semua bidang studi. Para kandidat akan memperoleh pendidikan pasca-sarjana dan meraih gelar Master of Arts, Master of Science, ataupun gelar Master Profesional. Gelar Master of Arts dan gelar Master of Science adalah gelar akademik, biasanya diberikan oleh universitas-universitas tertentu setelah kandidat menyelesaikan program studi yang orientasinya ke riset dan lamanya satu hingga dua tahun. Gelar Master Profesional diberikan oleh university of applied sciences dan berfokus pada pengajaran yang orientasinya ke profesi. Biasanya gelar Master Profesional lebih singkat dibandingkan program gelar Master yang lain. Jangka waktu program bervariasi antara 9 dan 24 bulan, Beasiswa yang diberikan selama pendidikan mencakup uang kuliah serta biaya perjalanan internasional, biaya hidup, tunjangan untuk buku dan asuransi kesehatan.

Daftar program gelar master yang memenuhi syarat dapat di-download (dalam format pdf, 315 kB). Perlu diketahui bahwa daftar ini berdasarkan survei semua institusi Belanda yang menyelenggarakan program gelar master internasional di awal tahun 2005. Daftar ini dapat berubah setiap saat dan mungkin ada penambahan program gelar master di daftar 2007.

Kualifikasi Pemohon
Pendaftar beasiswa NFP untuk program master haruslah:

warga negara dari dan bekerja di salah satu dari 57 negara berkembang yang terdaftar.
telah memenuhi persyaratan dan diterima oleh universitas di Belanda untuk mengikuti salah satu program master yang ada di daftar terbaru.
telah melengkapi Formulir Pendaftaran program NFP-master dan telah menyerahkan semua dokumen yang diperlukan ke Netherlands Education Support Office (NESO).
dicalonkan oleh employer- nya, yang berjanji akan tetap membayar gaji kandidat dan jabatan akan tetap dipertahankan selama berada di Belanda. Sebagai pengecualian dalam situasi khusus, employer diperkenankan untuk memberikan sebagian dari gaji dan employer menjanjikan akan mematuhi semua persyaratan formal NFP lain bila beasiswa diberikan. Harap diketahui bahwa tunjangan NFP tidak mencukupi kebutuhan anggota keluarga siswa, baik di negara asal maupun di Belanda.
memberi pernyataan yang menjelaskan motivasi kedua belah pihak, baik pemohon maupun employer.
bukan merupakan karyawan industri besar, perusahaan niaga atau multinasional;
memberikan bukti kemampuan menulis dan berbicara dalam bahasa pengantar (kebanyakan bahasa Inggris)
memiliki skor IELTS 6.0 atau ITP TOEFL 550 atau CBT 213. Pengecualian aturan ini akan diberikan kepada kandidat yang memiliki pendidikan tersier dalam bahasa Inggris, dan juga untuk kandidat yang sebelumnya pernah mengikuti kursus atau program dengan institusi pendidikan Belanda tidak lebih dari empat tahun yang lalu
siap mencurahkan waktu untuk mengikuti seluruh program dan sanggup secara fisik dan mental
memberi pernyataan bahwa yang bersangkutan akan kembali ke negara asalnya segera setelah program studi berakhir.
Program Gabungan atau Gelar Ganda
Sejumlah program gelar master diselenggarakan – baik sebagian atau seluruhnya – di salah satu Negara dari daftar NFP, misalnya “program double degree” atau “joint programme”. Dalam hal ini, universitas di Belanda dan mitranya di Negara sesuai daftar NFP mengadakan program secara bersama-sama. Beasiswa NFP hanya akan diberikan bagi peserta yang berasal dari negara di mana (sebagian dari) program itu berlangsung dan juga untuk peserta dari negara tetangganya

Prosedur pendaftaran dan seleksi
Prosedur pendaftaran dan seleksi adalah sebagai berikut:

Mengurus pendaftaran ke universitas
Pemohon pertama-tama mendaftar pada program gelar master pilihannya. Permohonan harus selalu ditujukan kepada universitas/institusi di Belanda. Batas waktu untuk pendaftaran ini bervariasi. Pemohon dianjurkan untuk berkonsultasi dengan universitas/institusi di Belanda tentang batas waktu pendaftaran untuk program yang dipilih, dan mendaftar sebelum batas waktu yang ditentukan.
Universitas/institusi di Belanda akan menilai permohonan tersebut dan memutuskan apakah latar belakang pendidikan kandidat dan pengalamannya memenuhi persyaratan program yang dituju. universitas/institusi lalu memberitahukan hasilnya kepada kandidat. Para kandidat yang diterima akan memperoleh surat penerimaan (admission letter). Syarat mutlak diterima adalah latar belakang pendidikan dan kemampuan bahasa Inggris kandidat. Surat penerimaan sementara (provisional admission letter) dapat diberikan apabila sumber dana atau beasiswa belum pasti.

Kandidat dapat memperoleh beasiswa hanya bila telah diterima di program gelar master yang dipilih dan memenuhi semua kriteria. Diterima di lebih dari satu program tidak berarti bahwa kandidat dapat mengajukan permohonan beasiswa lebih dari satu. Kandidat harus memilih salah satu program sebelum mengajukan permohonan beasiswa.

Permohonan beasiswa

Setelah menerima admission letter , kandidat kemudian mengajukan permohonan beasiswa NFP melalui NESO Indonesia. Permohonan tersebut diajukan rangkap dua baik formulir maupun dokumen yang disyaratkan
Kandidat harus melengkapi Formulir NFP-Master dan persyaratan lainnya, kemudian diserahkan ke NESO sebelum batas waktu pendaftaran yang telah ditentukan. Formulir ini dapat diperoleh di NESO dan dapat di-download (dalam format pdf, 115 kB).
Kandidat tidak diperkenankan mengirimkan formulir permohonan beasiswa-nya langsung ke Nuffic atau ke universitas di Belanda. Kandidat harus mengirimkannya kepada NESO Indonesia.
NESO akan meneliti setiap permohonan berdasarkan kriteria di atas. Perhatian khusus akan diberikan pada hal-hal berikut:
apakah permohonan tersebut diajukan sebelum batas waktu

apakah kandidat telah menyertakan admission letter
apakah informasi yang disertakan sudah lengkap dan benar, dan apakah dokumen yang dibutuhkan (seperti paspor, diploma, dan tes bahasa) sudah terkumpul
apakah program master tersebut memberikan manfaat bagi peningkatan kemampuan organisasi kandidat dan juga pembangunan negaranya
apakah pihak perusahaan memberikan keterangan yang mendukung permohonan tersebut dan menjamin bahwa kandidat akan memperoleh gaji penuh atau sebagian selama ketidakhadirannya, dan kandidat tidak akan kehilangan jabatannya
apakah kandidat dapat membuktikan bahwa ia mampu menguasai bahasa pengantar
apakah kandidat memenuhi persyaratan spesifik lainnya sesuai permintaan kedutaan, konsulat, ataupun negara yang bersangkutan
NESO mengirimkan permohonan beasiswa yang memenuhi persyaratan ke Nuffic.
Nuffic akan memutuskan berapa jumlah beasiswa yang tersedia untuk tiap kursus. Alokasi beasiswa untuk kursus-kursus tersebut didasarkan pada jumlah permohonan beasiswa yang memenuhi syarat untuk tiap kursus.
Institusi Belanda akan menyeleksi kandidat yang akan menerima beasiswa. Institusi akan memberitahukan keputusannya kepada NESO secara langsung, dan meminta Nuffic untuk memberikan hibah.
Nuffic menyerahkan hibah kepada institusi di Belanda untuk menutup biaya yang dibutuhkan penerima beasiswa, termasuk biaya course . Institusi di Belanda membayarkan biaya hidup penerima beasiswa selama masa short course tersebut.
Institusi di Belanda bertanggung jawab terhadap pengawasan beasiswa, pengaturan logistik, dan memberikan bimbingan kepada penerima beasiswa.

Batas waktu pendaftaran
Batas waktu pendaftaran akademik
Batas waktu pendaftaran program gelar master berbeda-beda dan tidak semua batas waktu dapat diketahui saat pengumpulan data. Bila tidak ada penjelasan tentang batas waktu masuk untuk program yang dipilih, sebaiknya menghubungi universitas/institusi yang dituju secara langsung untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Bisa juga batas waktu dari universitas/institut untuk mendaftar suatu program jatuh setelah batas waktu pendaftaran beasiswa NFP. Namun demikian, pendaftaran beasiswa tidak akan diproses kecuali ada admission letter untuk program gelar master.

Batas waktu pendaftaran beasiswa
Ada dua batas waktu pendaftaran beasiswa untuk studi gelar master.

A. untuk studi yang dimulai pada kuartal I/2008: 1 Oktober 2007
B. untuk studi yang dimulai pada kuartal II/2008: 23 Februari 2008

Admission letter sudah harus ada sebelum batas waktu yang ditetapkan untuk pengajuan pendaftaran beasiswa. Karena itu kandidat sangat dianjurkan untuk memulai prosedur pendaftaran sedini mungkin.

Juli 11, 2008 - Posted by | BEASISWA, beasiswa s2, luar negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: