Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Beasiswa di Belanda

Minggu yang lalu saya datang ke pameran pendidikan
Belanda yang diadakan di Jakarta. Mungkin lewat e-mail
ini saya bisa memberikan sedikit ringkasan tentang
beasiswa yang ditawarkan pemerintah Belanda melalui
NEC, education center mereka.
Beasiswa di Belanda ada macam-macam, antara lain:
-RFP : untuk yang profesional
-UFP : untuk yang fresh graduate
-STUNED: untuk NGO, lecturer, profesional
-Hyugens: bisa untuk S3 tapi cuma untuk course singkat
sekitar 10 bulan
-Delta: ditawarkan oleh universitas masing-masing
-Selain itu ada juga beasiswa yang menawarkan program
pertukaran pelajar dll.
Semua persyaratannya bisa dibaca selengkap-lengkapnya
di website-nya nec, alamatnya :
http://www.netherlandembassy.or.id
Dari hasil survey saya, universitas Belanda sepertinya
sih tidak semudah itu untuk menerima mahasiswa, tetapi
saya memang tidak mengunjungi stand-nya untiversitas
twente, jadi saya tidak tahu soal penerimaan mahasiswa
S2 yang sedemikian mudahnya.
Stand universitas-universitas yang saya kunjungi,
semuanya meminta begitu banyak persyaratan dan semua
dokumen tersebut harus dikirimkan secepatnya ke
universtas yang bersangkutan di negeri Belanda.
Soal beasiswa yang lain selain dari NEC, biasanya kita
cari scholarship dari perusahaan Belanda. Yang saya
tahu ada yang mendapatkan scholarship dari philips
tapi tidak covers all, jadi cuma covers sebagian.
Misalnya cuma covers tuition fee saja atau covers
living cost saja. Sisanya harus diusahakan sendiri.
Sebagai tambahan, kalau sudah dapat beasiswa dari
perusahaan seperti ini dan tetap mencari beasiswa dari
NEC, kalau nanti dapat juga beasiswa dari NEC, salah
satu beasiswa HARUS dilepas, tidak boleh ambil
kedua-duanya. O, ya sepertinya philips memberi
beasiswa terutama kepada anak-anak teknik, apalagi
kalau ambil sekolahnya di TU Delft, kalau jurusan yang
lain dan sekolah yang lain, saya kurang tahu.
Mudah-mudahan info tersebut bisa membantu rekan-rekan
semua. Kalau ada info yang lain untuk beasiswa ke
belanda tolong share di milis ini, ya. Thanks.

Regards,
Yemima.

Juli 11, 2008 - Posted by | BEASISWA, luar negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

