Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Beasiswa dan Kuliah di Belanda

Pemberian beasiswa dari pemerintah Belanda bagi para siswa dan mahasiswa Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Baik yang merupakan kesepakatan bilateral, lewat kementrian pendidikan Belanda-Indonesia, maupun kerjasama perguruan tinggi di Belanda dan di Indonesia. Beasiswa dan persyaratan yang disediakan bermacam-macam.
Disamping penguasaan bahasa Inggris secara baik, umurpun dibatasi. Yang menarik, belakangan ini beasiswa yang diberikan, diprioritaskan bagi siswa dan mahasiswa dari luar pulau Jawa. Radio Nederland Siaran Indonesia menggelar dialog interaktif dengan Ir. Charles Nangi dan Adri Koleangan anggota senat UNIKA, Universitas Katolik de Salle Manado di stasiun mitra Radio Montini FM Manado dengan Ad de Leeuw direktur NEC. NEC Netherlands Education Centre – Pusat Studi Belanda adalah lembaga yang memberikan informasi tentang studi di Belanda dan mengatur pemberian beasiswa.

Kerjasama
Pemberian beasiswa merupakan kerjasama antara pemerintah Belanda dengan pemerintah Indonesia dan kerjasama antar perguruan tinggi yaitu kerjasama antara sebuah universitas di Belanda dengan sebuah universitas di Indonesia. Selain itu, beasiswa diberikan berdasarkan inisiatif, permintaan dan kebutuhan perguruan tinggi terkait. Netherlands Education Centre (NEC), berfungsi sebagai perantara dalam pelaksanaan program kerjasama tersebut. Ada berbagai program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda, misalnya untuk studi S2 yang telah mempunyai pengalaman kerja selama dua tahun. Mereka dapat mengikuti dua program yaitu Netherlands Fellowship Program (NFP) atau StuNed. Kemungkinan belajar di Belanda juga terbuka bagi mahasiswa yang mau melanjutkan studi dengan biaya sendiri. Demikian bapak Ad de Leeuw.

Program Master
Program beasiswa StuNed adalah program yang ditujukan bagi mereka yang sudah memiliki gelar S1 dan telah bekerja selama 2 tahun. Dalam hal ini misalnya sebagai dosen muda, yang ingin mengikuti program gelar master. Program beasiswa StuNed mulai berdiri sejak tahun 2000, dengan bantuan dana yang diberikan pemerintah Belanda sebesar 3 juta Gulden melalui Kedutaan Besar Belanda di Jakarta. Beasiswa kepada para dosen mempunyai efek multi player dengan kata lain, ilmu yang diperoleh para dosen tersebut, dapat disebarkan kepada siswa dan mahasiswa. Bagian terbesar dari penerima beasiswa StuNed sampai saat ini adalah para dosen baik dari universitas negeri maupun universitas swasta. Pemberian beasiswa StuNed belakangan ini diprioritaskan bagi dosen-dosen dari luar pulau Jawa.

Persyaratan Beasiswa
Persyaratan untuk memperoleh beasiswa bermacam-macam, misalnya batas umur untuk pria sampai dengan 35 tahun dan wanita 40 tahun. Penguasaan dan pemahaman bahasa Inggris sering menjadi kendala, terutama bagi mereka yang berasal dari luar pulau Jawa, ungkap bapak Aad de Leeuw. Dalam beberapa bidang studi seperti bidang studi hukum diperlukan nilai test Toefl 580 sampai 600. Tetapi ada juga yang hanya memerlukan 550.
“Secara umum seorang yang mau melamar untuk StuNed September 2007, dead-linenya 1 April 2007. Berarti dia sudah harus diterima oleh sebuah universitas di Belanda. Harus ada accapten letter dan juga sudah harus memiliki nilai Toefl 550. Khusus orang dari luar pulau Jawa, kita punya satu prosedur khusus namanya pré registrasi. Orang dari luar Jawa bisa melamar pada saat mereka belum memenuhi semua syarat khususnya bahasa Inggris. Kalau yang bersangkutan benar-benar memperlihatkan kemauan yang besar, dedikasi yang tinggi, pandangan yang luas dan kuat serta punya sifat yang kita harapkan, dia akan diberikan satu beasiswa sementara semacam surat janji dari NEC, bahwa kalau dia dalam waktu dua tahun bisa mencapai level toefl 550, dia dipastikan mendapat beasiswa. Dengan begitu ada peluang supaya ia benar-benar kerja keras”, demikian bapak Ad de Leeuw.

Berbagai Program
Bappenas juga, mempunyai program beasiswa bagi setiap karyawan yang bekerja di Bappeda. Seperti halnya NEC memberikan kesempatan bagi para dosen muda untuk memperbaiki bahasa Inggris mereka, Bappenas pun demikian. Para karyawan yang memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi di Belanda diberi kesempatan secara intensif selama 5-6 bulan, agar dapat belajar bahasa Inggris di Jakarta. Misalnya “program double degree” antara Bappenas, Universitas Indonesia Jakarta dengan Vrije Universiteit Amsterdam.Program ini bisa diikuti oleh semua karyawan Bappeda. “Sebenarnya sekarang sudah ada tiga program. Dalam waktu dekat akan ada dua program lagi berarti menjadi lima program. Kita pernah mulai dengan dua program double degree untuk regional planner. Double degree ITB Bandung dengan Rijks Universiteit Groningen(RUG). Satu program lagi antara Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan Institute of Housing Study Rotterdam bagian dari Universitas Erasmus Rotterdam. Dua program tersebut sudah dimulai sejak tahun 2003. Satu program lagi antara Universitas Indonesia Jakarta dengan Vrije Universiteit Amsterdam di bidang “development economics”. Sekarang yang dijalankan adalah program kerjasama UGM Yogyakarta dengan ITC di Hengelo. Satu lagi antara IHS Delft dengan Universitas Sriwijaya di Palembang”. Ungkap Ad de Leeuw

Sumber : http://www.ranesi.nl

Iklan

Juli 11, 2008 - Posted by | BEASISWA, luar negeri

7 Komentar »

  1. sy ingin kuliah di ngeri belanda,..saat ini sy bkerja sbagai PNS..infonya dong ttg platihan bahasa inggris biar aq dapat mlanjutkan S3 di Blanda..thanks

    Komentar oleh burhanuddin,SH,M.Kn | Agustus 26, 2010

  2. Saya masih baru masuk kuliah jurusan teknobiomedik. Sy pgn kuliah S2 di Belanda besok.. Kira2 program beasiswa apa yg bisa sy ikuti? Persyaratannya? Thanx

    Komentar oleh Keke | September 11, 2010

  3. Mohon informasi persyaratan beasiswa s1 di belanda jurusan hukum

    Komentar oleh dyah kunti | November 30, 2010

  4. Tolong info beasiswa S3 Hukum universitas Erasmus Rotterdam untuk program study 2012 dan apa persyaratannya yah, makasih

    Komentar oleh Dhian She | Desember 5, 2010

  5. tolong dong, kasih saya info pendaftaran tahun 2011/2012 untuk bahasa inggis…
    thank you

    Komentar oleh EKA FITRIANI | Januari 17, 2011

  6. Adalah yang perlu diprioritaskan untuk PNS sebab Klo PNS pasti kita akan simbiosis mutualisme. Begitu tanks GBU

    Komentar oleh DWI MARTATI | Januari 29, 2011

  7. tolong di infokan beasiswa S3 fakultas hukum erasmus rotterdam, makasih

    Komentar oleh dian | Mei 30, 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: