Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Beasiswa Belanda NEC

PETUNJUK MENGIKUTI PROGRAM BEASISWA DARI PEMERINTAH BELANDA
MELALUI THE NETHERLANDS EDUCATION CENTRE

Attention:
Semua korespondensi dengan NEC mengenai beasiswa hanya melalui e-mail dan harus dicantumkan dalam Subject: nama program yang diminati – tahun akademik – information request.
Contoh: STUNED – 2004 – information request.

Tahap Pertama: “Memilih Program Beasiswa”

Pelajari terlebih dahulu macam/jenis program beasiswa yang ditawarkan (dapat melalui scholarship wizard).

Menentukan program beasiswa yang mana yang dapat anda ikuti (pastikan bahwa anda memang dapat memenuhi semua persyaratan yang diminta).

Setelah menentukan program beasiswa yang dapat diikuti, lalu anda mulai menentukan di universitas mana di Belanda dan program studi apa yang hendak anda pilih untuk melanjutkan studi anda.

Tahap Kedua: “Mengurus Pendaftaran ke Universitas”

Mulai mengurus pendaftaran ke universitas di Belanda yang sudah anda tentukan sebelumnya. Daftar universitas di Belanda dapat anda lihat di website NEC: http://www.nec.or.id (List of all Courses). Setiap universitas memiliki website, alamat e-mail dan alamat pos, sehingga anda dapat langsung menghubungi mereka. Untuk berkorespondensi dengan pihak universitas, anda dapat melakukannya melalui e-mail. Anda harus meminta formulir pendaftaran ke universitas dan mempersiapkan semua persyaratan yang diminta oleh pihak universitas, seperti TOEFL, Surat Rekomendasi, dan lain-lain. Anda harus mengirimkan formulir dan lampiran yang diminta ke universitas untuk diproses sebelum mereka dapat memutuskan apakah anda dapat diterima di sana. Bila memang diterima, pihak universitas akan mengirimkan Letter of Acceptance atau Provisional Admission Letter sebagai bukti bahwa anda diterima di sana. Barulah setelah itu anda memasuki Tahap Ketiga.

Tahap Ketiga: “Mendaftar Beasiswa ke NEC”

KHUSUS UNTUK PROGRAM STUNED

Informasi tersedia pada awal bulan Desember 2003.

KHUSUS UNTUK PROGRAM HUYGENS

Setelah memiliki Letter of Acceptance dari salah satu universitas di Belanda, dapat memperoleh formulir beasiswa HUYGENS di kantor NEC atau dari website Nuffic: http://www.nuffic.nl/huygens/

Setelah mengisi dan melengkapi formulir, anda harus menyerahkannya ke NEC sebelum batas akhir penyerahan yang telah ditentukan (batas akhir pendaftaran HUYGENS paling lambat tanggal 1 Februari 2004). Formulir yang tidak lengkap tidak akan dapat diproses.

KHUSUS UNTUK NFP MASTER’S DEGREE PROGRAMMES & SHORT COURSES

Mempelajari daftar pilihan universitas dan program studi untuk program NFP-Master’s degree programmes atau Short courses.

Menentukan pilihan universitas dan program studi yang akan diambil.

Mengurus pendaftaran ke universitas sampai memperoleh Letter of Acceptance.

Setelah memiliki Letter of Acceptance dari salah satu universitas di Belanda, dapat memperoleh formulir beasiswa NFP di kantor NEC atau dari website Nuffic: http://www.nuffic.nl/nfp

Setelah mengisi dan melengkapi formulir, anda harus menyerahkannya ke NEC sebelum batas akhir penyerahan yang telah ditentukan (batas akhir pendaftaran NFP untuk Master’s degree programmes paling lambat tanggal 31 Maret 2004, sementara batas akhir pendaftaran NFP untuk Short courses disesuaikan dengan course yang dipilih). Formulir yang tidak lengkap tidak akan dapat diproses.

KHUSUS UNTUK PROGRAM NFP-PhD STUDIES

Menghubungi salah satu universitas di Belanda untuk meminta data staf atau professor di universitas yang dapat membantu menjadi pembimbing atau supervisor program PhD yang ingin anda ikuti di sana.

Mengajukan proposal penelitian untuk dipelajari oleh professor atau supervisor dari universitas yang dimaksud.

Setelah disetujui, maka tahap selanjutnya mengajukan permohonan beasiswa PhD ke Netherlands Education Centre (NEC). Anda harus mengisi formulir dan melampirkan beberapa persyaratan yang diminta beserta proposal penelitian. Batas akhir pendaftaran tanggal 1 Juni atau 1 Oktober 2004. Formulir yang diajukan setelah batas akhir akan diproses untuk tahun berikutnya.

KHUSUS UNTUK PROGRAM NFP-SUPPORT FOR TAILOR MADE TRAINING

Mengajukan proposal permohonan untuk program tailor-made ke Netherlands Education Centre (guidelines atau panduan penulisan proposal dapat diperoleh di website: http://www.nuffic.nl/nfp

Tidak ada batas akhir pendaftaran.

KHUSUS UNTUK PROGRAM NFP-REFRESHER COURSES

Mengajukan proposal permohonan untuk program refresher courses ke Netherlands Education Centre.

Batas akhir pendaftaran 31 Oktober 2003.

Tahap Keempat: “Proses & Pengumuman Hasil Seleksi”

KHUSUS UNTUK PROGRAM STUNED

Informasi tersedia pada awal bulan Desember 2003.

KHUSUS UNTUK PROGRAM HUYGENS

NEC akan memeriksa dan melihat apakah formulir dan dokumen terlampir sudah memenuhi persyaratan Huygens. Setelah itu NEC akan mengirimkannya ke Nuffic untuk diikutkan dalam proses seleksi.

Pengumuman hasil seleksi akan dikeluarkan oleh Nuffic sekitar tanggal 15 Juni 2004. NEC juga akan menerima informasi tersebut langsung dari pihak Nuffic.

KHUSUS UNTUK PROGRAM NFP

NEC akan memeriksa dan melihat apakah formulir dan dokumen terlampir sudah memenuhi persyaratan. Setelah itu NEC akan mengirimkannya ke Nuffic untuk diikutkan dalam proses seleksi.

Pengumuman hasil seleksi akan dikeluarkan oleh Nuffic dan diberitahukan ke NEC. NEC akan menyampaikan informasi tersebut kepada setiap penerima beasiswa.

Juli 11, 2008 - Posted by | BEASISWA, luar negeri

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: