Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Studi di UK atau Jepang dgn membawa keluarga

Rekan2 anggota mailis yang saya hormati,
Saya mohon bantuan rekan2 semua tentang informasi studi di
UK dan Jepang.
Saya berencana untuk studi S3 dan sudah diterima
di satu univ di UK dan satu di Jepang.
Saya sangat ingin bisa membawa keluarga (istri & 3 anak)

Jika studi di UK, beasiswa saya besarnya sekitar 13 juta / bulan.
Apakah cukup dana segitu utk hidup dgn keluarga ?
Jika tidak, apakah di UK istri diperbolehkan dan mudah untuk
mendapatkan pekerjaan ? Apakah biaya pendidikan SD-SMA
masih gratis ?
Studi PhD di UK apakah terikat jam kerja, misalnya
harus nge-lab pagi sampe sore ?

Jika saya pilih studi di jepang, beasiswa saya sekitar 100-120 ribu yen
per bulan. Univ saya ada di kota kecil, bukan kota besar.
Apakah dana segitu cukup untuk hidup dgn keluarga ?
Apakah sekolah SD-SMA di jepang juga gratis >

Saya tunggu saran dan informasi rekan2 semua.
Terimakasih banyak atas bantuannya

Wassalam
Ical Baihaqi

JAWAB:

Jumlah beasiswa 100 -120 ribu Yen perbulan, bila tinggal di kota kecil di Jepang dan membawa keluarga dg 3 anak,..sangat minim yah Pak,..
Pengalaman saya pribadi (anak 4 orang), biaya hidup di kota kecil adalah sbb:

Sewa apartemen : 35.000-50.000 (untuk kota kecil bisa dapat 2 atau 3 kamar, tergantung usia bangunan)
Utilities (air, gas, listrik): 15.000 (tergantung musim, biasanya membengkak saat musim panas dan muslim dingin).
Tel/internet: 7.000
Makan dan keperluan RT (beras, sabun cuci dll): 40.000
Asuransi kesehatan: 4.500

Ini untuk gaya hidup yang sangat ngirit ya Pak,..hehehe..
Dan saya baru merinci yang pasti2 saja,..belum pengeluaran lainnya seperti HP, transportasi, biaya dokter (30% persen biaya kesehatan harus ditanggung sendiri bagi penduduk usia 6 tahun keatas/usia sekolah).

Negara memberikan tunjangan anak yang besarnya 5.000/perbulan untuk anak pertama dan kedua, serta 10.000 untuk anak ke 3 (kalau saya tidak salah dibawah usia 12 tahun, CMIIW) yang dibayarkan setiap 4 bulan.

Apabila ingin apartemen murah, bisa apply apartemen milik pemerintah,..kalau di kota saya sewa perbulannya antara 15 ribu sampai 25 ribu perbulan. Tapi kalau banyak peminat sistemnya undian.

SD\SMP free (program wajib belajar), tapi pengeluaran rata2 ekstra sekitar 2000-3000 perbulan untuk macam2 keperluan.
Biaya makan siang diganti pemda (sistemnya direimburst).
Saya tidak tahu kalau SMA, karena belum pengalaman.

Maaf ya Pak, saya tidak banyak membantu tapi barangkali kalau Bapak ikut menjadi member milis PPI Jepang Bapak bisa dapat informasi yang lebih konkrit. Barangkali disana ada mahasiswa Indonesia yang studi di universitas dimana Bapak merencanakan studi dan bisa memberikan informasi yang lebih akurat, ttg biaya hidup dan kerja part-time.

Ada kota2 tertentu dimana mudah mendapatkan kerja part-time, tapi ada juga yang sulit mendapatkan pekerjaan.

Tapi kalau Bapak tidak membawa keluarga, beasiswa 100 ribu cukup kalau hanya untuk biaya hidup.
Ada juga bbrp mahasiwa yang berangkat dahulu tanpa membawa keluarga, sesudah mengenal “medan” baru memutuskan untuk membawa keluarga atau tidak,..

Sekali lagi ma’af ya Pak, karena informasinya sangat minim.

Ical, 13 juta per bulan setara dengan 600 pounds or 780 eur/bulan.
Bukan bermaksud mengecilkan hati, tapi kayaknya uang segitu ga ada
artinya di UK kalau bawa 3 anak. Kalau hidup single mungkin masih
cukup. Saya ga pernah tinggal di UK, tapi rata2 biaya hidup di Eropa
mirip2. Sekarang saja beasiswa di Belanda buat single student udah
lebih dari 780 eur kayaknya. Jadi saya pesimis uang segitu bisa cukup
buat 5 orang.

Saya punya pengalaman dii belgia beasiswa saya sekitar 900e plus tunjangan istri dan 2 anak menjadi sekitar 1000e. Waktu itu saya nekat saja bawa klg, namun dengan persiapan nabung pada satu tahun pertama dan membawa klg pd tahun kedua. yang saya rasa utk hidup dengan klg dengan uang sebesar itu sangat mepet. karena bagi saya sendiri harus bekerja sampingan bbrp kali dan alhamdulillah thn lalu ada rekan student dr indonesia yng stay di rumah yg kami sewa, jadi dia membantu dengan uang “kost ” dalam sewa rumah tsb. itupun ternyata masih kurang..
sekarang saya tinggal dengan klg dan rekan saya sudah pulang kira2 pengeluaran perbulan sekitar 1300 e, minumum utk housing makan dsb.
Namun jika bisa stay di student apartement ( di belgia bbrp univ memiliki student aprtement) biaya housing akan lebih murah .
contoh waktu saya kuliah master saya sewa rumah 400e/bln dan utk listri gas dsb sekitar 200e / bln, dan juga harus mengisi furniturenya (aptment/house nya kosong melompong). sedangkan rekan2 yg mendapatkan student apartement hanya membayar sekitar 320 e/bln all included and furnished, Jauh sekali bukan? So kalo bisa mendapakan student apartement saya rasaakan cukup.
Namun saya kurang tahu ttg situasi di UK.

Setia Pramana
Bioinformatics Research Group
Center for Statistics
Hasselt University
Agoralaan – building D
3590 Diepenbeek
Belgium
Office: D56
Phone: +32-11-268288
Fax: +32-11-268299

Pak Ical,
Sangat tidak disarankan berkamikaze dengan keluarga.
Jumlah tersebut sangat minim. Sedangkan biaya membawa keluarga itu
tidak sedikit. Kebanyakan sekolah memang free asal tidak private, tp
ongkos2 lain itu juga tidak sedikit. Jangan sampe setelah lulus
kuliah (3 atau 4 tahun) harus mengikuti program perbaikan gizi,
akibat diet yang terlalu ketat.

Kalau emang sudah bulat tekad, sebaiknya terjun bebas sendirian dulu.
Cobalah mengenal wilayah perang anda, peluang2 kerja sampingan.
Dapatkan akomodasi yang layak utk keluarga tp juga murah. Dimana bisa
mendapatkan makanan2 murah, dll. Selain itu pelajari aturan
keimigrasian (biaya dan dokumen nya). Justru dengan tidak membawa
keluarga selama 1-2 taon, anda malah ada kesempatan utk kerja
sampingan. Dan di 2 taon terakhir, ketika medan sudah diketahui plus
ada tabungan, maka keluarga bisa menyusul.

salam,
prabowo

================
Info Beasiswa Indonesia Sekolah Diploma S1 S2 S3 dalam negeri dan luar negeri

Mei 17, 2008 - Posted by | BEASISWA, beasiswa luar negeri, beasiswa s1, beasiswa s2, beasiswa s3

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

