Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Beasiswa Timur Tengah NU

Kategori: Beasiswa S2 luar negeri ke sejumlah negara Timur Tengah
Santri Juga Bisa Berebut Beasiswa ke Timur Tengah

Jakarta, NU Online
Dalam kesempatan untuk memperoleh beasiswa ke Timur Tengah, Para lulusan pesantren juga mendapatkan kesempatan yang sama dengan lulusan aliyah atau SMU. “Namun demikian, mereka adalah lulusan dari pesantren yang memiliki kurikulum,” ungkap M. Dawam Sukardi, salah satu staff biro Urusan Kerjasama Beasiswa PBNU untuk Timur Tengah kepada NU Online kemarin.

Dalam tahun ini, PBNU berhasil memperoleh beasiswa sebanyak 40 orang ke kawasan Timur Tengah untuk pendidikan S1 dan S2. Negara-negara yang memberikan beasiswa tersebut adalah Syria untuk S1 4 orang dan S2 2 orang, Sudan S1 7 orang, Aljazair S2 4 orang, Marokko S1 8 orang dan S2 8 orang, Lybia S1 5 orang dan S2 2 orang.

Jurusan yang disediakan tidak hanya jurusan agama seperti yang dipersepsikan selama ini bahwa kalau sekolah di Timur Tengah adalah untuk belajar agama. Terdapat jurusan Ekonomi, Komputer, bahkan Kedokteran.

Untuk mendapat beasiswa tersebut mereka mengajukannya ke Kantor Biro Kerjasama Beasiswa PBNU untuk Timur Tengah yang dipimpin oleh Prof. Dr. KH Said Agil Siradj, MA. Di Gedung PBNU Lt 4.

Namun demikian, sangat disayangkan, dari 40 kesempatan beasiswa tersebut, hanya terdapat 70 orang yang mendaftar sehingga rasio persaingannya sangat kecil. Dawam menjelaskan bahwa penyebaran informasi memang agak sulit. “Sebagian besar mereka tahu dari relasi saja, sebagian lagi dari NU Online dan Duta Masyarakat,” ungkapnya.

Sebenarnya banyak sekali kader NU yang pandai dan memiliki keinginan kuat untuk bisa belajar ke luar negari. Namun demikian, mereka kurang mendapat informasi atau akses sehingga penyebaran informasi tersebut sangat penting.

Para calon yang berhasil tersebut adalah mereka yang telah lolos seleksi administrasi dan ujian yang diselenggarakan oleh perwakilan dari kedutaan masing-masing. “Untuk ke depan diharapkan kelengkapan administrasi diperhatikan karena kami tidak akan menoleransi calon yang persyaratannya kurang lengkap,” ungkap Dawam.

Namun demikian, bukan berarti mereka yang sudah lolos dua test tesebut langsung masuk. Pihak universitas yang dituju juga akan mengetes mahasiswa tersebut sebelum dinyatakan diterima.

Selanjutnya, setelah dinyatakan diterima, para calon mahasiswa tersebut akan ditraining secara khusus dengan materi ke-NU-an dan budaya serta bahasa masing-masing Negara tujuan. Materi ke-NU-an ini penting untuk menjaga nilai-nilai NU seperti pluralisme, toleransi, moderasi, dan keadilan.

Dari catatan yang ada, asal daerah penerima beasiswa tersebut beragam, Mulai dari Jambi, Cirebon, Indramayu, Kediri, Pati, Jombang, Nganjuk, Jakarta bahkan NTB. Semua ujian dilaksanakan di Jakarta.

Dawam mengharapkan agar mereka yang berminat untuk mengikuti seleksi di tahun depan belajar dengan serius. “Karena materi ujiannya sangat sulit sehingga kalau ingin lolos, tentu harus belajar keras,” tegasnya.

Kemungkinan besar, jatah yang diperoleh NU untuk tahun depan bertambah. Setelah dibuatnya biro khusus beasiswa ini, mungkin segala urusan beasiswa akan ditangani oleh badan khusus PBNU ini, termasuk yang berasal dari Afrika, Asia, Eropa, dan Amerika.(mkf)

Sumber: NU online

About these ads

Juli 11, 2008 - Posted by | BEASISWA, luar negeri

10 Komentar »

  1. Assalamu`alaikum,..
    Insya Allah saya mau daftar tahun depan, saya mau tau di mana baiknya saya dapat mengikuti muqobalah dan bagaimana bentuk ujiannya dan bgaimna cara mndaptkn formulir pendaftarannya?
    syukron…?

    Komentar oleh Rifky Imam | September 26, 2010

  2. assalamu’alykum…..
    saya dari IPNU riau…..
    kapan y ada lagi tes seleksi beasiswa ke timur tengah di PBNU…….
    karna saya mau mencoba ikut tes itu…

    Komentar oleh kemas muhammad gemilang | September 28, 2010

  3. assalamu’alykum…..
    saya dari IPNU riau…..
    kapan y ada lagi tes seleksi beasiswa ke timur tengah di PBNU…….
    karna saya mau mencoba ikut tes itu…
    syukron y…

    Komentar oleh kemas muhammad gemilang | September 28, 2010

  4. assalamu’alaikum……..
    saya dari PP. Bahrul Ulum Jombang
    saya ingin melanjutkan s2 di timur tengah
    tapi belum tahu syarat2nya. mohon petunjuknya…..terimakasih

    Komentar oleh abdur rouf | Januari 7, 2011

  5. Asslmww.
    Saya sangat tertarik untuk ikut daftar untuk S2 ekonomi di negara2 timur tengah, sehubungan dengan saya berstatus PNS, bisakah sy ikut daft beasiswa tsb, juga untuk kepentingan dinas nantinya. terima kasih.
    Wasslmww.

    Komentar oleh Tjandra risnandar, S.E. | Januari 27, 2011

  6. Saya Mantan Ketua Umum PMII Kabupaten Lombok Timur, NTB ingin ikut tes leksi beasisiwa ke Timteng yg d adakan oleh PB NU, mohon di informasikan, karena jarang dari NTB dapt informasi. Trims

    Komentar oleh Ada Suci Makbullah Dari NTB | Januari 31, 2011

  7. assalamu’alaikum,,inggin rasa nya bisa melanjutkan ta’lim ke timur tenggah,,ada kah syarat syarat khusus untuk beasiswa dan apa saja syarat syarat nya,,,dan kapan lagi ada tes beasiwa ke timur twngah,,terima kasih atas info nya…

    Komentar oleh NUR ANA MARIA | April 3, 2011

  8. asslmualaikum… insya allah setelah lulus Aliyah tahun ini saya berencana melanjutkan ta’lim sya ke timteng, n ingn sekali melalui perantara PBNU karna memang skolah dan ma’had tempat saya belajar di bawah naungan NU, tapi persyaratannya apa saja y?? n’ pelaksanaan tes’y kpan untuk beasiswa 2012-2013??? atas jwaban’y syukron..

    Komentar oleh sofwatul ummah | Juni 30, 2011

  9. persyratanya apa saja?

    Komentar oleh muhaji | Juli 4, 2012

  10. assalamu’alaikum
    untuk informasi beasswa kita dpt tahu drmna? dan persyaratnnya apa saja?
    syukron

    Komentar oleh Chuang Calakan | Oktober 9, 2012


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 115 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: