Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Beasiswa Mahasiswa Miskin

Siapkan Beasiswa Mahasiswa Miskin

Hasil Pertemuan IAIN-UIN se-Indonesia

SURABAYA — Sebanyak 17 Pembantu Rektor (PR) II IAIN dan UIN se-Indonesia sepakat untuk memberikan dana mahasiswa miskin berprestasi sebesar Rp 1,8 juta per tahun. Beasiswa ini diperuntukkan bagi pembayaran SPP, praktikum, dan buku refrensi.
Jumlah mahasiswa miskin yang ada di PTAIN se-Indonesia yang bakal mendapatkan beasiswa ini tercatat 48.900 mahasiswa atau sekitar 24 persen dari jumlah mahasiswa PTAIN se Indonesia. “Sekitar 20 persen dari jumlah mahasiswa di IAIN Sunan Ampel akan menerima bantuan beasiswa ini,” ungkap PR II IAIN Sunan Ampel Surabaya, Prof Dr Nur Syam Msi, usai pertemuan PR II IAIN – UIN se Indonesia, Kamis (14/6) di Hotel Simpang Surabaya.
Menurut, Nur Syam, yang ditunjuk sebagai ketua penyelenggara pertemuan tersebut pemberian beasiswa ini menindaklanjuti MoU (Memorandum Of Understanding) antara Depag RI, Depdiknas, Depkeu, dan Bapenas, terkait program prioritas pendidikan bagi mahasiswa miskin. “Para PR II sepakat beasiswa miskin ini diperuntukkan bagi mahasiswa miskin yang berprestasi,” tuturnya.
Parameternya, Nur Syam menjelaskan, mahasiswa yang bakal mendapatkan beasiswa ini nantinya dilihat dari beberapa aspek, yakni Indek Prestasi Komulatif (IPK), mahasiswa yang aktif dalam kegiatan akademik, olahraga, seni, dan organisasi sosial kemasyarakatan. Beasiswa ini nantinya akan diambilkan dari dana APBN yang ada.
Untuk itu, para PR II berharap program ini nantinya bisa berkelanjutan, karena anggaran yang diberikan dalam APBN sifatnya pertahun. Sedangkan untuk pemberian beasiswa itu sendiri, Nur Syam menjelaskan bakal terus diberikan jika IPK atau prestasi mahasiwa tersebut dari tahun ke tahun bisa dipertahankan.
”Jika prestasinya menurun secara otomatis mahasiwa itu tidak bisa mendapatkan beasiswa lanjutan dan digantikan dengan mahasiswa miskin yang berprestasi,” terang Nur Syam, sekaligus menjelaskan kalau beasiswa ini bakal diberikans setiap tahun.
Dalam rekomendasi pertemuan PR II bidang administrasi umum, Nur Syam mengungkapkan ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus, salah satunya mengingat jumlah SPP yang dibayarkan oleh mahasiswa PTAIN sangat variatif dan sumbangan praktikum. “Makanya penentuan indeks bantuan beasiswa nantinya akan disesuaikan dengan SPP dan praktikum serta bantuan buku referensi yang dibutuhkan,” ungkapnya.
Ia menambahkan pada dasarnya bantuan beasiswa ini didasari azaz kompetisi. Makanya pemberian bantuan beasiswa miskin juga didasarkan atas kemampuan akademik yang tinggi dan keterlibatannya dalam aktivitas akademik dan aktivitas kemahasiswaan di setiap PTAIN. “Mereka yang bakal mendapatkan beasiswa harus mempunyai surat keterangan dari kepala desa yang diketahui oleh Camat asal daerah mahasiswa,” pungkasnya. (sir)

================
Info Beasiswa Indonesia Sekolah Diploma S1 S2 S3 dalam negeri dan luar negeri

About these ads

Maret 6, 2008 - Posted by | BEASISWA, beasiswa d3, beasiswa dalam negeri, beasiswa indonesia, beasiswa s1, beasiswa s2, info beasiswa

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 115 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: