Info Beasiswa S1 S2 S3

Beasiswa Scholarships Dalam Negeri Luar Negri

Beasiswa SUPERSEMAR Yayasan Dana Sejahtera Mandiri

Mereka Butuh Beasiswa SUPERSEMAR

Dari data yang berhasil dihimpun GEMA MANDIRI, hingga tahun 1998 saja Yayasan Supersemar emberikan beasiswa kapada mahasiswa program sarjana penuh (S1) tidak kurang dari 254.889 orang dan 581.839 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sedangkan mahasiswa pasca sarjana S2 dan S3 ercatat 5.703 otang yang menerima beasiswa Supersemar. Untuk anak asuh yang terrdiri dari anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) berjumlah 532.000 murid. Dan beaiswa Supersemar juga diberikan kepada 9.038 orang atlet berprestasi yang dikoordinir Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Dana yang berhasil disalurkan untuk besiswa tersebut hingga tahun 1998 tercatat tidak kurang dari RP 237,2 Miliar. Kenyataan itulah menunjuk betapa tinggi kepedulian dari Yayasan Yang didirikan pada tanggal 16 Mei 1974 ini. Memang sejak awal yayasan ini memilki komitmen, yalni tujuan mulia sesuai dengan dengan jiwa pendirinya, berupaya membantu memberdayakan masyarakat lewat bantuan beasiswa pendidikan.

“Semenjak awal didirikannya yayasan ini telah menempatkan diri sebagai mitra pemerintah dalam rangka mencerdaskan bangsa,” Kata humas Yayasan Supersemar DRS Sugeng pada Hari Setiowanto dari GEMA MANDIRI, beberapa waktu lalu, di Gedung Granadi, Jakarta. Khususnya lanjut lulusan IISIP Lenteng Agung Jakarta ini , upaya tersebut melalui pendidikan formal yang diwujudkan lweat pemberian beasiswa dan bantuan-bantuan penunjang program pemerintah .

Lestarikan Kesinambungan
Maksud baik pemberian beasiswa dari Yayasan Supersemar kepada masyarakat-para siswa dan mahasiswa-seperti yang masih terus berlangsung selama ini, perlu dilestarikan kesinambungannya. Pasalnya para siswa dan para mahasiswa keluarga tidak mampu sangat membutuhkan tunjangan beasiswa ini. Apa jadinya nasib dan kesinambungannya pendidikan siswa dan mahasiswa berprestasi dari keluarga pra sejahtera , bila bantuan Supersemar terhenti?

“Bisa dibayangkan jika tiba-tiba saja tunjangan beasiswa ini terhenti berapa jumlah anak-anak berprestasi yang harus terputus proses pendidikannya ditengah jalan?” Ujar Drs. Rusli, mantan penerima beasiswa Supersemar ketika masih duduk di bangku kuliah di Universitas Hasanudin, Ujung Pandang.

Lebih lanjut Dosen Universitas Yayasan Akuntansi Indonesia (YAI) Jakarta ini mengungkapkan, beasiswa Suersemar sangat berdaya guna bagi siswa dan mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Dengan adanya beasiswa Supersemar yang diberikan kepada sejumlah siswa berprestasi dari Keluarga Prasejahtera dan Sejahtera I maka sangat memberi manfaat bessar,” paparnya.

Dengan dana beaiswa dari Yayasan Supersemar, menurutnya siswa tidak mampu sangat tertolong dan dapat belajar dengan semestinya. “Jangan sampai potensi mereka terhenti hanya karena ketiadaan danan untuk biaya sekolah,” ujar sarjana IKIP Jakarta (Sekarang Universitas Negri Jakarta-UNI) tahun 1981.

Berkaitan beasiswa yang diterima muridnya, Nurman selalu mengingatkan sekaligus memotivasi para penerima Beasiswa Supersemar tersebut agar tetap mempertahankan dan terus mengupayakanprningkatan prestasinya. Selain itu , mereka yang mendapat beasiswa Supersemar harus bersikap dan berprilaku baik serta menjaga nama baik sekolah.

Nurman berharap, pemberian beasiswa Supersemar yang diberikan setahun sekali dengan rincian perbulan sebesar 25 ribu rupiah, kalau bisa diubah sistem tempo pemberiannya menjadi 6 bulan cair, tetapi diberikan tetap selama satu tahun. Alasan dia, kebutuhan siswa seringkali sangat mendesak sehingga bila harus menunggu selama satu tahun terlalu lama.

Mahasiswa penerima beasiswa Suprsemar dari UNJ Jurusan Teknologi Pendidikan semester VIII Suwandi menimpali, beasiswa Supersemar yang diterimanya selama ini dipergunakan untuk biaya kuliah. Sebagai mahasiswa yang membutuhkan biaya, ketua KMA-PGS UNJ ini sangat mengharapkan keberlangsungan beasiswa Supersemar ini.

Apa pasal? Karena bila besiswa Supersemar yang sangat manusiawi ini terhenti, menurut pendapat Suwandi dapat menyebabkan kepunahan generasi penerus bangsa ini. Pasalnya berapa banyak pelajar, mahasiswa yang terpaksa meninggalkan bangku sekolah sebelum menyelesaikan pendidikannya. Belum lagi harus kemana para peneliti mencari bantuan untuk mendukung penelitiannya yang sangat berguna itu.

Kesinambungan penelitian besiswa Supersemar tidak boleh berhenti. Program sebaik ini harus di teruskan bila perlu ditingkatkan, sehingga tidak akan terjadi pelajar, mahaswa keluarga miskin berprestasi yang menjerit karea kesempatan pendidikan terpuus hanya sebab ketiadaan dana.

About these ads

Februari 27, 2008 - Posted by | BEASISWA, beasiswa dalam negeri, beasiswa indonesia, beasiswa supersemar

5 Komentar »

  1. Saya ingin bertanya apakah ada beasiswa untuk meneruskan S2 di Univ Sebelas Maret untuk program S2 FPOK bagi mhsw yang tidak mampu namun cukup berprestasi dan sayangnya tidak mampu membiayai kuliah S2 karena mahalnya biaya kuliah S2?
    Saya minta jawaban dan bagaimana cara mendapatkannya, mengingat dunia pendidikan seharusnya bangga dengan mahasiswa yang berprestasi namun kebijakan pemerintah sering menjadi penghalang kesuksesan daripada mahasiswa itu sendiri.
    Terimakasih.

    Komentar oleh dhani | Februari 6, 2009

  2. Saat ini, saya sedang kuliah S1 PGPAUD di UT. Dulu waktu SMK saya mendapatkan beasiswa ini melalui program KB Lestari BKKBN. Yang ingin saya tahu, apakah program itu masih ada atau tidak? karena saya ingin mengajukan lagi dan bagaimana caranya? Terima kasih.

    Komentar oleh ria astuti | Oktober 14, 2010

  3. saya ingin bertanya, apa ada dana bantuan penelitian untuk S2 dan S3? terima kasih

    Komentar oleh jane | Mei 20, 2011

  4. maaf saya ingin bertanya bagaimana caranya mendapat beasiswa untuk memperlancar kuliah saya karena saya dari kalangan tidak mampu.?
    saya mahasiswa universitas Dr.soetomo surabaya
    terima kasih

    Komentar oleh adriana | Desember 18, 2011

  5. ass..pak, sy shinta ariani kerja di BPPKB Kab. Agam, sekarang menjabat sebagai kasubid KB, saya sangat berminat utk mlanjutkan pendidkan S3 ddalam negeri. Saya tamat S2 KIA Kespro di UGM Tahun 2008 dengan IPK 3,27, mohon pertimbangan dan kemudahan jalan agar cita-cita/keinginan saya tuk mlanjutkan pendidikan tercapai..mksh pak

    Komentar oleh shinta | April 2, 2012


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 115 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: